Anies Kunjungi Sultan Ternate, Disambut Tradisi Kesultanan Jokokaha

Kedatangan Anies disambut langsung oleh Sultan Ternate

Ternate, IDN Times - Kunjungan calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Rasyid Baswedan, ke Kedaton Kesultanan Ternate, Maluku Utara, disambut dengan prosesi Jokokaha, Jumat (26/1/2024).

Jokokaha adalah prosesi menyambut orang pertama kali ke Ternate, maknanya bentuk ucapan selamat datang dan doa agar dilancarkan semua urusan.

Tradisi ini menggunakan rumput Fartago dan Air Sentosa, yang digunakan untuk membasuh kaki Anies dan istrinya Fery Farhati.

“Alhamdulillah kami bersyukur sekali bisa bersilaturahmi sultan Ternate. Ini adalah sebuah kehormatan, karena kita datang ke sebuah kesultanan yang menjadi legenda di nusantara, berusia lebih dari 800 tahun, kesultanan yang sudah dijangkau dunia, dan menjangkau dunia,” kata Anies di Ternate.

Kedatangan Anies disambut langsung oleh Sultan Ternate, Hidayat M. Sjah dan permaisuri, Alwiyah Husein. Mereka melakukan pertemuan secara tertutup.

“Saya dapat kesempatan untuk melakukan Salat Duha di kamar Puji. Kamar Puji itu adalah kamar yang digunakan oleh para sultan untuk ibadah lalu berkesempatan juga untuk melihat dari dekat mahkota yang selalu digunakan pada saat penobatan,” kata Anies, usai pertemuan.

Usai acara tersebut, Anies bertolak menuju Landmark, Ternate, yang menjadi lokasi Kampanye Akbar.

Baca Juga: Anies: Kesultanan di Maluku Punya Sejarah Panjang dan Pengaruh Besar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya