Jokowi Mau Nonton Langsung Formula E Jakarta: Insya Allah Hadir 

Pengamanan akan segera dilaksanakan unsur Polri-TNI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo direncanakan bakal hadir memenuhi undangan untuk nonton langsung Formula E Jakarta, di Ancol, Jakut, 4 Juni 2022 mendatang. Setidaknya kabar rencana kedatangan Jokowi di Formula E Jakarta itu diisyaratkan langsung Kabiro Operasional Polda Metro Kombes Pol Marsudiyanto.

Menurut Marsudiyanto, pihaknya akan melakukan peninjauan persiapan pengamanan untuk Presiden Jokowi nanti. Bukan cuma dari unsur Kepolisian, namun TNI juga akan melakukan peninjauan lokasi, termasuk Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Peninjauan dilakukan guna mengecek situasi di sekitar Sirkuit International Formula E Jakarta, di kawasan Ancol tersebut.

"Insya Allah hadir (presiden), dari Paspampres juga sudah ada yang melakukan pengecekan di sini, nanti akan disiapkan di sini VIP," kata Marsudiyanto, di Jakarta Utara, seperti disitat Antara, Senin (30/5/2022).

"Keterlibatan dari TNI nanti untuk pengamanan presiden saja," ujar Marsudiyanto.

1. Polisi siapkan 1.700 personel jelang gelaran Formula E Jakarta

Jokowi Mau Nonton Langsung Formula E Jakarta: Insya Allah Hadir medium.com

Marsudianto mengungkapkan, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo juga menyiapkan pengaturan arus lalu lintas dengan menyiapkan 1.700 personel menjelang kedatangan Presiden Jokowi nanti di ajang Formula E.

Nantinya, personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mengatur truk trailer yang memang setiap hari mengaspal di jalanan Jakarta Utara, agar berhenti sejenak hingga presiden meninggalkan lokasi.

"Satu jam sebelum presiden hadir, nantinya kendaraan-kendaraan besar, terutama kontainer, akan kami hentikan sampai presiden selesai kegiatan, dari situ baru kita buka kembali, untuk sementara saja," ujar Marsudiyanto.

Baca Juga: Wagub Coba Tenangkan Publik Usai Atap Formula E Ambruk: Jangan Takut

2. Polisi hanya lakukan pengamanan di ring dua

Jokowi Mau Nonton Langsung Formula E Jakarta: Insya Allah Hadir Sirkuit Formula E (IDN Times/Aryodamar)

Adapun dalam peninjauan itu turut dihadiri oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes pol Sambodo Purnomo Yogo dan Direktur Intel dan Keamanan Polda Metro Jaya Kombes Pol Umar Effendi.

Polisi juga tampak berkoordinasi dengan panitia penyelenggara untuk memastikan semua yang diperlukan terkait pengamanan lokasi telah siap.

Dipastikan, polisi hanya akan melakukan pengamanan di ring dua, bukan di dalam sirkuit, karena sudah ada satpam yang sudah disiapkan dari Security Group Artha (SGA).

Sedangkan di ring satu, yakni area dalam JIEC Ancol, nanti juga ada keterlibatan dari TNI, khususnya Pasukan Pengaman Presiden.

Baca Juga: Sejarah Formula E, Berawal dari Obrolan Ringan di Restoran

3. Jadwal lengkap Formula E 4 Juni 2022

Jokowi Mau Nonton Langsung Formula E Jakarta: Insya Allah Hadir Sirkuit Formula E (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, ajang Formula E Jakarta akan berlangsung pada tanggal 4 Juni 2022. Jadwal resmi pun sudah dirilis. Setidaknya ada rangkaian acara yang dipersiapkan oleh pelenggara pada balapan mobil listrik tersebut.

FE Indonesia 2022 menjadi seri kesembilan dari 16 edisi balapan FE 2022. Sebelum balapan resmi dimulai, para pembalap akan melakoni dua latihan bebas dan satu kali kualifikasi. Sesi latihan bebas pertama akan dilangsungkan pada pukul 07.10 – 07.55 pagi WIB.

Kemudian sesi latihan bebas kedua dijadwalkan berlangsung pada pukul 08.55 – 09.40 pagi WIB. Usai sesi latihan bebas, para pembalap akan menghadapi sesi kualifikasi.

Sesi ini diprediksi akan berlangsung panas mengingat hasil kualifikasi akan menentukan posisi pembalap di grid. Sesi kualifikasi sendiri akan berlangsung pada pukul 10.30 -12.15 siang WIB.

Setelah sesi kualifikasi, para pembalap beserta tim akan terlebih dahulu beristirahat sebelum balapan resmi dimulai. Balapan resmi FE Indonesia 2022 akan dilangsungkan pada pukul 14.30 – 16.30 sore WIB.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya