13 Hal terkait Debat Capres-Cawapres Putaran Ketiga

Anies dan Ganjar siapkan amunisi penuh

Jakarta, IDN Times - Debat capres-cawapres Pilpres 2024 putaran ketiga akan digelar Minggu (7/1/2023) malam. Kali ini, giliran tiga capres kembali berdebat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) telah menyiapkan sejumlah hal, mulai dari lokasi, panelis, hingga moderator debat. Seperti debat sebelumnya, debat kali ini akan melibatkan 11 panelis dan dua moderator.

Berikut deretan hal-hal terkait debat capres-cawapres putaran ketiga, seperti dirangkum IDN Times.

Baca Juga: Jelang Debat Capres, Prabowo Makan Malam Bareng Jokowi

1. Debat capres-cawapres putaran ketiga digelar di Istora Senayan

13 Hal terkait Debat Capres-Cawapres Putaran KetigaTiga paslon presiden dan wakil presiden saat mengikuti debat di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

KPU RI memastikan akan menyelenggarakan debat ketiga pada Minggu (7/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, mulai pukul 19.00 WIB.

Tema debat capres tersebut sesuai dengan kesepakatan awal, yakni mengenai isu Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Sama seperti debat pertama dan kedua, debat ketiga akan berlangsung selama 150 menit, dengan perincian 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk jeda iklan. Debat dibagi menjadi enam segmen.

Segmen pertama, capres akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua dan ketiga, capres menjawab pertanyaan yang telah disusun tim panelis. Segmen keempat dan kelima, capres diberikan kesempatan tanya-jawab dengan sesama capres.

Sedangkan pada segmen keenam, capres akan memberikan closing statement sebagai kesimpulan.

2. Mantan Panglima TNI beri masukan Ganjar soal tema debat

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa, mengaku sudah memberikan sejumlah masukan kepada capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo. Terutama yang berkaitan dengan isu pertahanan. Sebab, Andika memiliki pengalaman sebagai Panglima TNI.

3. TKN dan Timnas AMIN protes soal media penyelenggara debat

Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Tim Kampanye Nasional (TKN) sempat meminta KPU RI agar mempertimbangkan pelibatan MNC Group dalam menyiarkan debat putaran ketiga.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Grace Natalie, meminta KPU RI mempertimbangkan ulang MNC Group menjadi media penyelenggara debat ketiga.

Sebab, kata Grace, pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo merupakan Ketua Umum Perindo yang juga menjadi peserta Pemilu 2024. Perindo sendiri tergabung dalam koalisi pendukung pasangan calon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sementara, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Muhammad Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) memastikan, MNC bakal profesional dalam menyiarkan debat capres putaran ketiga.

4. Daftar 11 panelis dan dua moderator

Berikut ini 11 nama panelis debat ketiga:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)
2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)
3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)
4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)
5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)
6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)
7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)
8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)
9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)
10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)
11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P., S.SI., M.T., M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran). 

Sementara, dua moderator debat putaran ketiga yakni Pemred MNC TV, Ariyo Ardi, dan pembawa berita iNews, Anisha Dasuki.

Baca Juga: Pembelian Jet Tempur Mirage Bekas Ditunda, karena Debat Capres?

5. TKN klaim Prabowo tidak akan serang capres lain

13 Hal terkait Debat Capres-Cawapres Putaran KetigaTiga paslon presiden dan wakil presiden saat mengikuti debat di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional, Habiburokhman, memastikan calon presiden nomor dua Prabowo Subianto mengusai tema debat putaran ketiga. Sebab, kata dia, tema debat ketiga yakni tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik, sesuai dengan tugas Prabowo sebagai Menteri Pertahanan saat ini.

Karena itu, Habiburokhman mengklaim, Prabowo tidak akan menyerang capres lain karena debat bukan ajang untuk unjuk gigi.

6. Dua panelis debat dari Unhan sempat menjadi sorotan kubu 01

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Mahfud MD, mengaku tidak mempermasalahkan dengan dua panelis debat capres asal Unhan.

Sikap Mahfud berbanding terbalik dengan sikap cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, yang protes tentang hal tersebut.

Sementara, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya yakin kedua panelis dari Unhan itu memiliki integritas dan kapasitas.

Diketahui, Unhan merupakan universitas yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang kini tengah dipimpin capres nomor urut dua, Prabowo Subianto.

7. Isu Rohingya dan Palestina diperkirakan akan muncul

Pengamat hubungan internasional Dinna Prapto Raharja memprediksi isu pengungsi Rohingya dan kemerdekaan Palestina bakal menjadi salah dua isu yang diangkat pada debat capres-cawapres putaran ketiga.

Dalam lingkup isu hubungan internasional dan geopolitik, menurut Dinna, calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, bakal lebih cenderung membahas isu multilateral serta mengkritisi politik luar negeri pemerintahan saat ini.

Sementara, calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, dipastikan akan berkutat pada isu pertahanan dan kedaulatan negara. Sedangkan, calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, kemungkinan hanya akan melanjutkan visi misi polugri Indonesia saat ini.

8. Pengamanan libatkan 2.366 personel TNI-Polri

Polda Metro Jaya mengerahkan 2.366 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan pemerintah daerah (pemda) untuk pengamanan debat putaran ketiga.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo, mengatakan, pengamanan akan dilakukan di sekitar lokasi debat, yakni di Gelanggang Bulutangkis, Istora Senayan, Jakarta Selatan.

Selain pengamanan, Polda Metro juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Senayan. Namun demikian, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan situasional.

Baca Juga: Jelang Debat Pilpres ke-3, Cak Imin Ziarah ke Makan Sunan Ampel

9. KPU imbau capres-cawapres tidak kompori pendukungnya

13 Hal terkait Debat Capres-Cawapres Putaran KetigaKetua KPU RI Hasyim Asy'ari (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, mengimbau kepada capres-cawapres agar tidak memberikan semangat kepada pendukungnya saat mengikuti debat pilpres ketiga dan seterusnya, agar debat berjalan tertib.

Hasyim memastikan imbauan tersebut sudah disampaikan kepada para perwakilan paslon dalam berbagai rapat evaluasi pascadebat pilpres kedua.

10. KPU Tambah Garuda TV jadi penyelenggara debat

KPU RI menambah Garuda TV sebagai media penyelenggara debat putaran ketiga. Sebelumnya, KPU mengumumkan MNC Group yang terdiri dari MNC TV, RCTI, iNews TV, dan Global TV, menjadi media penyelenggara debat.

Namun keputusan itu menuai polemik dari tim paslon nomor urut satu dan dua, karena dikhawatirkan tak objektif. Dengan demikian, media penyelenggara debat pilpres ketiga itu ialah MNC TV, RCTI, iNews TV, Global TV, dan Garuda TV.

11. 125 Jenderal di Timnas AMIN beri wejangan ke Anies

Timnas AMIN memberi perhatian khusus terhadap isu pertahanan dan keamanan yang dibahas dalam debat capres besok, dan telah memberikan masukan kepada capres nomor urut satu, Anies Baswedan.

Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi, menyinggung 'kekuatan militer' di kubunya, dengan menyebutkan 125 jenderal yang ada di belakangnya, mulai dari bintang satu sampai bintang empat, baik mantan jenderal TNI maupun Polri.

Timnas AMIN, kata Syaugi, memberikan masukan terkait berbagai isu penting kepada tim debat, seperti membangun kekuatan TNI, masalah Laut Cina Selatan, anggaran, dan masalah lainnya.

Timnas AMIN yakin Anies mampu merumuskan dengan baik semua hal yang telah dibicarakan seputar isu debat putaran ketiga. Keyakinan tersebut ditopang pandangan positif terhadap kecerdasan Anies, yang diharapkan mampu menyampaikan gagasannya dengan baik.

12. Ganjar siapkan amunisi jelang debat

13 Hal terkait Debat Capres-Cawapres Putaran KetigaCapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (IDN Times/Aji Pitoko)

Tak mau kalah, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo juga telah menyiapkan amunisi untuk debat putaran ketiga. Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, meyakini Ganjar telah menyiapkan materi terbaik untuk debat capres kedua.

Keyakinannya didasarkan pada pengalaman dan pembekalan yang diterima Ganjar selama menjadi kader PDIP, anggota DPR RI, dan Gubernur Jawa Tengah dua periode.

Hasto menyebut Ganjar akan lebih menekankan pada pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) dengan mengutamakan kemampuan anak-anak bangsa dalam ilmu pengetahuan, riset, dan inovasi, serta mengembangkan konsep pertahanan negara dengan memfokuskan rakyat sebagai kekuatan utama.

13. PDIP kritik Prabowo tambah utang luar negeri untuk beli alutsista bekas

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga mengkritik capres nomor urut dua Prabowo Subianto yang memilih menambah pinjaman luar negeri Rp386 triliun untuk pembelian alutsista. Sementara di sisi lain, rakyat menghadapi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok.

Hasto menegaskan Ganjar Pranowo akan terus mendorong penggunaan alutsista yang mutakhir. Dia pun membedakan antara gagasan Ganjar dan Prabowo. Ganjar akan kembangkan alutsista dari anak-anak bangsa, sementara Prabowo membeli alutsista bekas dengan utang luar negeri.

Dia juga mengaitkannya dengan pendekatan geopolitik yang diterapkan pada masa Bung Karno, di mana Indonesia terlibat dalam berbagai isu global untuk menjaga perdamaian dunia.

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/EFUPIQfFfYY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya