Ada Demo di KPU hingga DPR, Polisi Siap Alihkan Arus Lalu Lintas

Polisi sudah menutup jalan depan KPU RI

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan jalannya demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta, Rabu (20/3/2024). Demonstrasi ini bertepatan dengan penetapan hasil Pemilu 2024 di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU RI).

"Penetapan dari KPU setidaknya Polda Metro Jaya yang di-backup penuh oleh Kodam Jaya juga dari Korbrimob Polri untuk Satgas Pusat menyiagakan 3.500 personel untuk melakukan pengamanan pada objek KPU, Bawaslu, dan juga di DPR," ujar Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Jakarta, Rabu.

Baca Juga: Ada Demo di DPR dan KPU, Pengendara Hindari Jalan Ini

1. Kepolisian siap mengalihkan arus lalu lintas

Ada Demo di KPU hingga DPR, Polisi Siap Alihkan Arus Lalu LintasKondisi di Jalan Gatot Subroto depan Gedung DPR RI, Jakarta, pukul 10.50 WIB, Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Irsan)

Sejuh ini, menurut Susatyo, belum ada pengalihan arus lalu lintas menjelang demonstrasi. Hanya Jalan Imam Bonjol depan gedung KPU RI ditutup sejak beberapa hari ini.

"Sampai dengan saat ini, sejak dua hari ini memang ruas jalan di depan KPU ini sudah kami lakukan sterilisasi, karena sedang berlangsung kegiatan pleno dan pada titik-titik kritis," ujarnya.

"Namun untuk ruas Jalan Cokroaminoto dan lainnya masih berlaku normal," sambungnya.

Kepolisian siang melakukan pengalihan arus lalu lintas jika situasi demonstrasi sudah tidak memungkinkan.

"Apabila nanti sudah banyak masa, kita akan lakukan pengalihan arus lalin, agar kegiatan unjuk rasa bisa berjalan dengan aman dan tidak sampai membahayakan para pengguna jalan," kata Susatyo.

2. Ada beberapa elemen siap demonstrasi

Ada Demo di KPU hingga DPR, Polisi Siap Alihkan Arus Lalu LintasAntisipasi demo di depan Gedung DPR pada Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Irsan)

Susatyo menjelaskan rencananya ada beberapa elemen masyarakat yang akan menggelar demonstrasi, baik dengan tema terkait yang pro atau pun kontra hasil Pemilu 2024.

"Sehingga kami menyiagakan pola-pola keamanan tentunya, agar elemen masyarakat ini tidak gesekan dan juga bisa berjalan aman dan lancar sampai dengan nanti menjelang buka puasa," ujar dia.

Kendati, Susatyo enggan menyebutkan lebih detail elemen masyarakat yang akan berdemonstrasi. Yang jelas ada dari elemen mahasiswa.

"Secara detail nanti kita bisa lihat di lapangan, apakah itu nanti ada secara masyarakat atau mahasiswa atau buruh, sama seperti di DPR baik juga nanti di masa pro juga akan ada mahasiswa tentunya, siapa pun masa aksinya tentu kita akan memberikan pelayanan untuk pengamanan kepada masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Polri Siagakan 3.500 Personel Jelang Demo Pengumuman Pemilu 2024

3. Ada sekitar 2 ribu orang yang diperkirakan ikut demonstrasi

Ada Demo di KPU hingga DPR, Polisi Siap Alihkan Arus Lalu LintasAntisipasi demo di depan Gedung DPR pada Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Irsan)

Susatyo menyebutkan diperkirakan ada sekitar 2 ribu demonstran yang akan turun ke jalan menyampaikan aspirasinya hari ini.

"Perkiraan masa nanti kita lihat perkembangan, mungkin sekitar, baik itu masa pro, masa kontra itu kurang lebih masing-masing 1.000 sampai 2.000," ujarnya.

Kemungkinan, kata Susatyo, masa demonstran bergerak ke gedung KPU RI sore hari atau usai zuhur.

"Nanti mungkin dari pengalaman sebelumnya, biasanya setelah salat zuhur, masa biasanya mulai bergerak menuju ke KPU," ujar dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya