Buka Debat, Cak Imin Sindir Food Estate Prabowo yang Abaikan Petani

Cak Imin dorong food estate dihentikan

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, mengawali debat capres ronde keempat yang digelar pada Minggu malam (21/1/2024) di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat. Pria yang akrab disapa Cak Imin itu membuka pernyataan dengan menyindir Prabowo Subianto.

Pertama, Cak Imin langsung menyebut bahwa program pemerintah saat ini tidak memihak kepada petani. Salah satu contohnya 16 juta rumah tangga petani yang memiliki lahan jauh lebih sedikit ketimbang kepemilikan lahan Prabowo.

"16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektare. Sementara, ada seseorang yang memiliki tanah hingga 500 ribu hektare berkat kekuatan negara yang diberikan kepadanya," ujar Cak Imin.

Kedua, Cak Imin menyindir program lumbung pangan nasional atau food estate. Padahal, itu masuk ke Program Strategis Nasional (PSN) pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo. Ia menilai food estate bukan program yang berpihak ke petani.

"Kami prihatin pengadaan pangan nasional dilakukan melalui food estate. Food estate terbukti mengabaikan petani kita, menghasilkan konflik agraria dan merusak lingkungan. Ini harus dihentikan," tutur dia.

Baca Juga: Soal Lawan Terberat Saat Debat, Cak Imin: Enteng Semua Lah!

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya