Sah! Tito Serahkan Jabatan Menko Polhukam ke Hadi Tjahjanto

Hadi ingin menciptakan suasana kondusif usai pemilu

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akhirnya resmi mengakhiri jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang, Politik, Hukum dan Keamanan. Sebab, pada Rabu (21/2/2024), Tito menyerahkan jabatan tersebut ke Hadi Tjahjanto.

Upacara serah terima jabatan yang digelar pada sore ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, mulai dari Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Menpan RB Azwar Anas hingga Kepala Staf Umum TNI Letjen Bambang Ismawan.

Serah terima jabatan ditandai dengan penandatanganan dokumen. Tito dan pejabat eselon I Kemenko Polhukam lalu menggelar rapat internal dengan Hadi. Mereka membahas apa saja program yang perlu diprioritaskan untuk dijalankan selama delapan bulan ke depan.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, penuntasan proses pemilu menjadi salah satu prioritasnya. "Saya segera melakukan konsolidasi dengan satuan-satuan ke bawah di Kemenko Polhukam untuk tetap menjaga situasi kondusif," ujar Hadi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat.

Ia menambahkan bahwa sudah berbicara dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo untuk mencegah adanya benih-benih kebencian usai perhelatan Pemilu 2024.

"Supaya ke depan tidak ada benih-benih peristiwa yang tidak diinginkan," tutur dia lagi.

Sebelum melakukan sertijab di Kemenko Polhukam, Hadi juga melalui upacara serupa di Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Hadi menyerahkan jabatan Menteri ATR kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga: Hadi soal Hak Angket DPR: Nanti Dululah Kita Jaga Suasana Kondusif

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya