Gempa 4,3 M di Garut, Warga Unggah Foto-foto Kerusakan

Kerusakan terjadi di kawasan Pasirwangi

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan 4,3 magnitudo mengguncang wilayah Garut, Jawa Barat, pada Rabu (1/2/2023), tepat pukul 22.57. Laporan BMKG menyebutkan, pusat gempa berada di 19 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut, 7,27 lintang selatan dan 107,73 bujur timur.

Kedalaman gempa, berada di kisaran tiga kilometer. Guncangan dirasakan di Garut, Bandung, Lembang, Pangalengan, Pacet, Cileunyi, hingga Sumedang.

Baca Juga: Viral Video Kerusakan Gempa Garut, BPBD Pastikan Hoax

1. Awalnya dilaporkan berkekuatan 4,4 magnitudo

Awalnya, gempa dilaporkan berkekuatan 4,4 magnitudo dengan lokasi pusat 21 kilometer Barat Laut Kabupaten Garut, 7,2 lintang selatan dan 107,7 bujur timur.

Namun, informasi awal ini akhirnya diralat karena memang menggunakan kecepatan dan pengolahan data belum stabil. Sehingga, menurut BMKG, bisa berubah seiring kelengkapan data.

2. Ada laporan kerusakan

Dari laporan yang beredar di media sosial, gempa di Garut telah merusak sejumlah bangunan di Kecamatan Pasirwangi. Dari rekaman video yang beredar, beberapa rumah ambruk.

Ada pula rekaman yang memperlihatkan tembok-tembok warga runtuh akibat guncangan dalam gempa kali ini. Terkait korban, belum ada laporan yang muncul.

3. Sempat diguncang gempa besar akhir 2022 lalu

Gempa 4,3 M di Garut, Warga Unggah Foto-foto Kerusakantwitter/@InfoBMKG

Garut sudah beberapa kali diguncang gempa sejak akhir 2022 lalu. Pada 3 Desember 2022, gempa dengan kekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Garut, tak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, menyatakan kalau gempa kala itu bersifat menengah dengan adanya aktivitas lempeng Indo-Australia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," ujar Daryono kala itu.

Baca Juga: 141 Kali Gempa Bumi Terjadi di Jabar Selama Januari 2023

Topik:

  • Satria Permana
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya