Simak! Ini Daftar Kampus Beri Petisi kepada Presiden Jokowi

Empat kampus ternama di Indonesia ajukan petisi

Jakarta, IDN Times - Beberapa universitas ternama di Indonesia telah mengajukan petisi kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo soal isu keberpihakannya kepada salah satu pasangan calon (paslon) presiden, Jumat (2/2/2024). 

Petisi-petisi ini muncul lantaran  Jokowi dinilai tidak netral dalam Pemilu 2024.

Berikut merupakan daftar universitas yang telah mengajukan petisi kepada Presiden Jokowi, sebagaimana telah dirangkum oleh IDN Times!

Baca Juga: Petisi Kritik Jokowi, Imin: Jangan Abaikan, Bisa Terulang Tragedi 98

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Simak! Ini Daftar Kampus Beri Petisi kepada Presiden JokowiSivitas akademika UGM yang terdiri dari guru besar, dosen, mahasiswa dan alumni membacakan Petisi Bulaksumur di Balairung UGM, Rabu (31/1/2024), (Dok. Humas UGM)

UGM mengajukan petisi Bulaksumur yang timbul dari inisiasi kelompok melalui grup WhatsApp kampus bernama UGM Guyub Rukun, Rabu (31/1/2024).

Petisi Bulaksumur ini diajukan oleh seluruh sivitas akademika UGM yang terdiri atas guru besar, dosen, mahasiswa, dan alumni kampus tersebut.

Pembacaan petisi Bulaksumur ini bertujuan untuk mengecam Jokowi sebagai alumni UGM sekaligus pemimpin negara yang telah keluar dari jalur demokrasi.

Baca Juga: UGM Jelaskan Awal Munculnya Petisi Bulaksumur yang Kritisi Jokowi

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Simak! Ini Daftar Kampus Beri Petisi kepada Presiden JokowiSivitas Akademika Universitas Islam Indonesia (UII) mengeluarkan pernyataan sikap 'Kemunduran Demokrasi di Indonesia'. (IDN Times/Herlambang Jati)

Sejak kemarin, Kamis (1/2/2024), UII telah mengeluarkan pernyataan 'Kemunduran Demokrasi di Indonesia' sekaligus mengkritisi kepemimpinan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. 

Rektor UII sebelumnya juga mengatakan bahwa kampusnya itu akan tetap netral menjelang kontestasi Pilpres 2024.

Universitas swasta ini juga mengajak perguruan tinggi lain untuk menyerukan hal serupa.

Baca Juga: Kritisi Jokowi Jelang Pilpres 2024, UII Pastikan Akan Netral

3. Universitas Indonesia (UI)

Simak! Ini Daftar Kampus Beri Petisi kepada Presiden JokowiBalairung Universitas Indonesia (IDN Times/Maulana Ridhwan Riziq)

Tidak hanya UGM dan UII, Universitas Indonesia (UI) pun turut melaksanakan aksi serupa dengan tajuk "Genderang Universitas Indonesia Bertalu Kembali" di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2024).

Gerakan ini sebagai bentuk keprihatinan sivitas akademika UI terhadap konstitusi dan demokrasi yang mulai runtuh menjelang Pemilu 2024.

Aksi ini dinyatakan sebagai bentuk protes UI terhadap isu Jokowi berkampanye untuk salah satu paslon.

Universitas yang dijuluki 'Kampus Perjuangan' menggelar aksi tersebut dalam rangka melawan oligarki dan nepotisme.

Baca Juga: Buntut Polemik Jokowi, Ketua BEM UI Sebut Kemungkinan Turun ke Jalan

4. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Simak! Ini Daftar Kampus Beri Petisi kepada Presiden JokowiAkademisi Unhas deklarasi ingatkan Jokowi tetap di koridor demokrasi, Jumat (2/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Masih pada hari yang sama, Jumat, Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, juga mengajukan petisi serupa.

Para akademisi Unhas mendeklarasikan petisi bertajuk 'Bergerak untuk Menyelamatkan Demokrasi' di halaman depan gedung rektorat kampus.

Guru besar Unhas juga mengingatkan Presiden Jokowi, beserta jajaran kabinetnya untuk tetap patuh menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Kampus Merah ini berpandangan bahwa suara kampus-kampus di Indonesia telah mewakili keresahan masyarakat terkait lunturnya demokrasi pada Pemilu 2024.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Akademisi Unhas Deklarasi Ingatkan Jokowi Tetap di Koridor Demokrasi 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya