TikTok Dibanjiri Lagu Parodi Sore Tugu Pancoran Usai Debat Cawapres

Beragam komentar pada Gibran

Jakarta, IDN Times - Sindiran dalam bentuk konten kepada cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, ramai di platform TikTok, usai debat capres-cawapres putaran keempat yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta Selatan, Minggu, 21 Januari 2024.

Ada sebanyak 2.476 unggahan menggunakan sound “Anak Sekecil itu Berkelahi dengan Mahfud” di TikTok. Banyak juga pengguna TikTok yang membahas keberanian Gibran saat berdebat dengan Mahfud. 

Ada juga pihak yang mengomentari sikap Gibran yang dianggap melanggar etika berdebat. Gibran juga dinilai tidak menghormati lawan bicaranya, karena cenderung menyerang cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandara atau Cak Imin dan cawapres nomor urut tiga Mahfud MD.

“Mantab Gibran… harus dicontoh ini oleh anak muda... keren, hebat dalam berdebat, bahkan seorang prof pun tak berkutik di hadapannya.. all in 02,” tulis akun @bapane_thalia pada unggahan TikTok @iliooo.oo, Senin, 22 Januari 2024. 

Baca Juga: Gibran Sindir Botol Plastik di Meja Cak Imin, Timnas: Itu dari Panitia

1. Netizen pro-Gibran

TikTok Dibanjiri Lagu Parodi Sore Tugu Pancoran Usai Debat CawapresGibran Tawarkan Donat ke Cak Imin saat Jeda Debat (IDN Times/Tino Satrio)

Selama dua hari terakhir, sound plesetan tembang milik Iwan Fals itu banyak digunakan pengguna TikTok, hingga sering ditemukan di laman rekomendasi for you page (fyp). Banyak pendukung Gibran yang membela dan memuji perfoma jagoannya itu saat debat.

Seperti pemilik akun @v4vendeta99 yang berkomentar dalam video unggahan @sastra.silalahi, “bener kata rocky gerung, kaga semua profesor itu pinter.”

Ada juga pemilik akun @kemulion yang berkomentar,”02 memikirkan masa depan…. 01 dan 03 memikirkan masa lalu.”

“Masak apa hari ini mas Gibran? Masak cifood (Cak Imin dan Mahfood),” gurau pemilik akun @beginikatagua di video TikTok tersebut.

Ada juga yang menyerang pendukung kandidat lain terkait isu etika.

Seperti pemilik akun @formemr.f yang menuliskan komentar “etika etika serangan lu narik pendukung itu mulu bujer, mentang” tua ga boleh ngelawan wkwkwk, lawan pake pedang kita harus pake tangan kosong?” sahutnya. 

2. Pembelaan terhadap Mahfud MD

TikTok Dibanjiri Lagu Parodi Sore Tugu Pancoran Usai Debat CawapresMahfud MD saat debat cawapres keempat di JCC pada Minggu (21/1/2024)., (IDN Times/Tino Satrio)

Di sisi lain, tidak sedikit netizen yang menganggap etika Gibran buruk dan mendukung Mahfud. Tidak hanya Gen Z dan Milenial, para pengguna generasi atas juga turut membanjiri kolom komentar setiap postingan video TikTok terkait debat cawapres kemarin.

Seperti pemilik @kholidansorisyam yang menanggapi, ”Yang nganggap gibran hebat, berarti iq nya kurang lebih. Karena yang paham pasti tau. Dia sendiri ga ngerti atas pertanyaan nya. Prof Mahfud justru sudah jawab dengan baik.”

Ada juga pemilik akun @._26.._ yang membalas dengan komentar, ”Itulah gunanya ditetapkannya batasan umur.”

Menurut sebagian netizen, gimik-gimik Gibran saat debat kemarin tidak mencerminkan kewibawaan seorang pemimpin. 

Baca Juga: Greenpeace Anggap Debat Cawapres Tak Bahas Akar Masalah Krisis Iklim

3. Parodi gerak-gerik Gibran mencari jawaban Mahfud

TikTok Dibanjiri Lagu Parodi Sore Tugu Pancoran Usai Debat CawapresGibran Rakabuming Raka saat debat cawapres keempat di JCC pada Minggu (21/1/2024)., (IDN Times/Tino Satrio)

Tak hanya itu, gimik Gibran dengan gaya kebingungan menanggapi jawaban Mahfud juga sempat viral di media sosial.

Pengguna TikTok beramai-ramai mengunggah video parodi gimik mencari jawaban Mahfud seperti yang dilakukan Gibran di atas panggung debat. 

Video-video tersebut juga menggunakan sound  “Anak sekecil itu berkelahi dengan Mahfud”.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/_558skByzbY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya