Comscore Tracker

Jokowi Bertolak ke Sulawesi Barat, Ini Lokasi yang Akan Dikunjungi

Jokowi bertolak ke Sulawesi Barat bersama Menteri PUPR

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertolak ke Sulawesi Barat untuk meninjau secara langsung lokasi terdampak gempa. Rencananya, kedatangan Jokowi itu juga guna meninjau penanganan bencana gempa di daerah Mamuju dan Majene.

"Bersama dengan rombongan terbatas dan tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat, presiden lepas landas menuju Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekitar pukul 07.35 WIB," tulis keterangan Sekretariat Presiden, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat Pagi Ini 

1. Jokowi akan tinjau posko pengungsian dan rumah-rumah yang terdampak gempa

Jokowi Bertolak ke Sulawesi Barat, Ini Lokasi yang Akan DikunjungiPresiden Jokowi meninjau lokasi gempa di Sulawesi Barat (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Setibanya di Bandar Udara Tampa Padang, Sulawesi Barat, Jokowi beserta rombongan terbatas diagendakan langsung menuju posko pengungsian warga terdampak gempa. Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan meninjau kerusakan rumah warga, serta sarana umum yang berlokasi di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

"Dari Kabupaten Majene, presiden dijadwalkan untuk kembali ke Kabupaten Mamuju guna meninjau salah satu lokasi terdampak gempa dan lokasi pengungsian lainnya," tulis Sekretariat Presiden.

2. Jokowi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berkunjung ke Sulawesi Barat

Jokowi Bertolak ke Sulawesi Barat, Ini Lokasi yang Akan DikunjungiPresiden Jokowi meninjau lokasi gempa di Sulawesi Barat (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kunjungannya ke Sulawesi Barat, Jokowi juga didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

3. Sebanyak 81 orang meninggal, 1.150 unit rumah, dan 15 unit sekolah rusak akibat gempa

Jokowi Bertolak ke Sulawesi Barat, Ini Lokasi yang Akan DikunjungiSebuah mobil dan bangunan rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, data terbaru korban meninggal akibat gempa Magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat bertambah menjadi 81 orang di Kabupaten Mamuju dan Majene.

"(Sebanyak) 70 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene," kata Raditya dalam keterangan tertulis, Senin (18/1/2021).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Pengendali Operasi BNPB pada Minggu (17/1/2021) pada pukul 20.00 WIB, tercatat ada beberapa kerugian akibat gempa, antara lain 1.150 unit rumah rusak serta 15 unit sekolah.

Sampai saat ini, BPBD Kabupaten Majene, BPBD Kabupaten Mamuju, dan BPBD Kabupaten Polewali Mandar masih melakukan pendataan dan pendirian tempat pengungsian yang berkoordinasi dengan TNI/Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas, relawan, dan instansi terkait dalam upaya mencari korban terdampak gempa.

Baca Juga: Selain Sembako, Ini Daftar Bantuan yang Diperlukan Korban Gempa Sulbar

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya