Jokowi Datang ke Muktamar NU Pakai Sarung

Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara pembukaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung. Kunjungan kerja Jokowi ke Lampung ini juga ditemani oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Kepala Negara bersama rombongan lepas landas melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 07.00 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1," tulis keterangan Sekretariat Presiden, Rabu (22/12/2021).

1. Jokowi kenakan sarung warna hijau

Jokowi Datang ke Muktamar NU Pakai SarungPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Lampung (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Uniknya, dalam kunjungannya kali ini, Jokowi tak mengenakan kemeja putih dan celana hitam khasnya. Namun, ia tampak mengenakan jas berwarna abu-abu yang dipadukan dengan sarung berwarna hijau.

Tiba di Bandara Internasional Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan, Jokowi diagendakan langsung menuju Lapangan Pondok Pesantren Darussaadah, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. Di sana, orang nomor satu di Indonesia ini akan meresmikan pembukaan Muktamar NU.

Baca Juga: Terbang ke Kalimantan Utara, Jokowi Mau Bagi-bagi Sertifikat Tanah

2. Usai hadiri Muktamar NU, Jokowi kembali ke Jakarta untuk hadir di acara HUT PSI

Jokowi Datang ke Muktamar NU Pakai SarungPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Lampung (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Setelah menghadiri acara Muktamar NU, Jokowi akan langsung kembali ke Jakarta. Sebab, sore harinya ia diagendakan akan menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dalam kunjungannya ke Lampung, Jokowi didampingi juga oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

3. Total peserta Muktamar NU yang hadir sebanyak 1.959 orang

Jokowi Datang ke Muktamar NU Pakai SarungPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Lampung (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akhirnya mengumumkan secara resmi jadwal Muktamar ke-34 NU. Muktamar tersebut digelar di Lampung. Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU, Moh Mukri mengatakan kegiatan Muktamar akan dilakukan pada 22-24 Desember 2021.

Dalam pelaksanaannya, panitia daerah juga menginformasikan para muktamirin atau peserta resmi bakal hadir ke Provinsi Lampung, guna mengikuti rangkaian kegiatan forum permusyawaratan tertinggi warga NU tersebut sebanyak 1.959 orang.

Rinciannya, mereka terdiri dari 34 PWNU (102 orang), 521 PCNU (1.563 orang), 31 PCINU (93 orang), serta 14 badan otonom (42 orang), dan 18 lembaga (54 orang) di tingkat pusat, serta ditambah utusan PBNU dari unsur syuriyah (32 orang), mustasyar (15 orang), a’wan (20 orang), dan tanfidziyah (38 orang). Maka total peserta sebanyak 1.959 orang.

"Ini muktamiriin, bukan muktamir out. Mereka kategori peserta mewarnai kegiatan berada di luar dan tidak bisa masuk ruang-ruang sidang. Jadi akan sangat ketat sekali, kita bukan hanya menjaga prokes tetapi juga menjalankan protokol kepresidenan," kata Mukri.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya