Jokowi Habiskan Malam Tahun Baru Bersama Cucu di Bogor

Jokowi menghabiskan malam tahun baru di Istana Bogor

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menghabiskan akhir tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi akan menghabiskan malam tahun barunya bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan juga para cucunya.

"Pak Jokowi tahun baruan di Bogor. Ada cucu juga," kata sumber IDN Times di Istana, Jumat (31/12/2021).

1. Mendagri larang pawai hingga pesta kembang api saat tahun baru

Jokowi Habiskan Malam Tahun Baru Bersama Cucu di BogorMendagri Tito Karnavian (Dokumen Kemendagri)

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Kanarvian melarang adanya kegiatan yang menimbulkan kerumunan, seperti pawai hingga pesta kembang api. Hal itu guna mencegah lonjakan kasus COVID-19 saat perayaan Nataru.

"Selama Natal dan Tahun Baru tidak boleh berkeliaran, tidak ada perayaan-perayaan, pawai-pawai, arak-arakan, pesta kembang api, alun-alun ditutup dan sebagainya," kata Tito dilansir ANTARA, Senin (27/12/2021).

Meski pawai hingga pesta kembang api saat Tahun Baru dilarang, Tito mengatakan, restoran maupun mal masih tetap diizinkan beroperasi, namun dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"(Kapasitas) restoran 75 persen, mal 75 persen, penerapan PeduliLindungi berjalan terus," ucap Tito.

Lebih lanjut, Tito juga menyampaikan pemerintah akan mengawasi secara ketat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di lima wilayah wisata prioritas saat Nataru. Salah satunya adalah Jawa Barat.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru, Jokowi Klaim Kasus COVID-19 RI Melandai

2. Menhub: Tempat wisata jadi perhatian khusus saat libur tahun baru

Jokowi Habiskan Malam Tahun Baru Bersama Cucu di BogorMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sementara, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan tempat wisata menjadi perhatian khusus pemerintah saat libur Tahun Baru. Perhatian itu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan mobilitas di tempat wisata.

“Seperti Pak Kapolda Jatim sampaikan bahwa di tempat rekreasi kita akan batasi. Kita akan lakukan protokol kesehatan dengan ketat, dan juga beberapa upaya yang dilakukan baik di tempat rekreasi maupun juga di Jembatan Suramadu,” kata Budi seperti dikutip ANTARA, Jumat (31/12/2021).

Kemudian, Budi mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk tetap waspada dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

“Ada varian COVID-19 Omicron yang harus diwaspadai. Jadi kita tetap harus hati-hati,” ujarnya.

3. Budi minta Pemda bersiap hadapi puncak arus mobilitas

Jokowi Habiskan Malam Tahun Baru Bersama Cucu di BogorSejumlah kendaraan yang akan menuju Madura mengantre memasuki pos pemeriksaan di akses masuk Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/5/2021). Menjelang Lebaran 2021 antrean panjang kendaraan bermotor roda empat atau lebih terjadi di pos pemeriksaan larangan mudik Lebaran tersebut (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Selain itu, Budi meminta kepada jajaran Polres serta Pemerintah Daerah Jawa Timur untuk bersiap menghadapi puncak arus mobilitas, yang diperkirakan terjadi pada 1-2 Januari dan 8-9 Januari 2022.

“Acungan jempol kepada Polda Jatim yang melakukan pengamatan secara intensif dan melakukan antisipasi. Mari kita bersama-sama dengan 39 Kapolres yang ada di seluruh Jatim untuk mengkomunikasikan narasi pengetatan prokes sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo,” tutur Budi.

Baca Juga: Menhub: Tempat Wisata Jadi Perhatian Khusus saat Libur Tahun Baru

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya