Jokowi: Pemindahan IKN Bukan Sekadar Bangun Gedung, Tapi Lompatan RI

Pemerintah akan bangun IKN, tunjukkan kebesaran Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyampaikan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara bukan sekadar membangun gedung pemerintahan. Ia menyebut, pemindahan ibu kota baru adalah lompatan bagi Indonesia untuk lebih maju.

“Pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara bukan sekadar memindahkan Aparatur Sipil Negara dan bukan juga hanya membangun gedung-gedung pemerintahan, namun ini adalah lompatan bagi bangsa Indonesia untuk melakukan tranformasi bangsa menuju Indonesia maju,” kata Jokowi seperti yang disiarkan di kanal YouTube RRI Net Ofiicial, Rabu (23/2/2022).

1. Pemerintah akan bangun IKN yang menunjukkan kebesaran Indonesia

Jokowi: Pemindahan IKN Bukan Sekadar Bangun Gedung, Tapi Lompatan RINagara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara desain IKN (IDN Times/ Kemenkoinfo RI)

Jokowi mengatakan, pemerintah akan membangun IKN yang menunjukkan kebesaran Indonesia serta mencerminkan identitas nasional. Ia juga menyebut IKN akan mewujudkan kota hutan, kota pintar, dan memiliki standar internasional.

“Saya yakin IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul, sehingga menjadi contoh bagi perkembangan kota-kota lain di Indonesia dan menunjukkan kepada warga dunia bagaimana Indonesia menjalankan rencana baru dalam membangun cita-cita masa depan,” jelas Jokowi.

Baca Juga: UU Disahkan, Kompleks Istana Presiden Siap Pindah ke IKN Nusantara

2. IKN merespons komitmen Indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim

Menurut Jokowi, IKN juga merespons komitmen Indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim. Ia pun optimistis IKN akan menjadi kota yang ramah bagi semua lapisan masyarakat.

“Saya meyakini IKN Nusantara akan menjadi kota yang inklusif, kota yang terbuka, kota untuk semua, kota yang akan sangat ramah bagi semua lapisan masyarakat untuk hidup berdampingan, hidup rukun, hidup bersama-sama dan memiliki peluang yang sama untuk ikut serta membangun dan mengembangkan IKN Nusantara ini,” ucap dia.

3. Jokowi sebut IKN siap beradaptasi dengan transportasi masa depan

Kemudian, mantan Wali Kota Solo ini menyampaikan bahwa IKN akan menjadi transformasi masyarakat. Transformasi dalam bekerja yang cerdas, kreatif, saling terkoneksi, dan saling terintegrasi.

“Transformasi dalam bergerak atau mobilitas, transportasi dan prasarana hijau yang efisien, hemat energi dan rendah karbon. Kota yang berbasis pejalan kaki dan transportasi massal dan siap beradaptasi dengan transportasi masa depan,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Anies Ingin Jakarta Jadi Pusat Ekonomi Dunia Usai IKN Pindah ke Kaltim

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya