Penjajakan Koalisi, SBY akan Bertemu Sohibul Iman

Pertemuan SBY dan Sohibul dilakukan pada Senin mendatang.

Jakarta, IDN Times - Komunikasi politik yang dilakukan Partai Demokrat menjelang pendaftaran Pilpres 2019, rupanya tak berhenti sampai di Gerindra dan PAN. Demi bisa membentuk rumusan koalisi di luar petahana, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mulai membangun komunikasi dengan Presiden PKS Sohibul Iman.

Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Sohibul usai acara Ijtima Ulama. Ia mengatakan, memiliki rencana pertemuan bersama SBY pada Senin (30/7). Namun, untuk lokasi masih belum ditentukan oleh keduanya.

1. Senin, SBY dan Sohibul akan bertemu

Penjajakan Koalisi, SBY akan Bertemu Sohibul ImanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sohibul mengungkapkan, pada Senin mendatang, dia akan melakukan pertemuan bersama SBY. Pertemuan tersebut dilakukan guna membangun penjajakan koalisi untuk Pilpres 2019.

"Senin kami akan ketemu Pak SBY. Saya bilang kami sediakan waktu Sabtu, Minggu, atau Senin," ujar Sohibul di Hotel Peninsula, Jakarta Barat, Jumat (27/7).

Sohibul menyampaikan pertemuan tersebut akan dilakukan pukul 19.00 wib. "Pak SBY setelah dikasih tahu Pak Syarief memilih hari Senin jam 19.00," terangnya.

2. Lokasi masih belum ditentukan

Penjajakan Koalisi, SBY akan Bertemu Sohibul ImanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Untuk lokasi sendiri, Sohibul menyampaikan belum diputuskan. Awalnya, SBY yang menawarkan akan menjamu PKS di kediamannya. Namun, Sohibul menolak dan menawarkan bahwa giliran PKS yang akan menjamu SBY.

"Nah, tempat itu saya yang minta kepada Pak SBY. Selama ini saya selalu dijamu sama Pak SBY, kali ini kami ingin menjamu Pak SBY, kami tawarkan di DPP, beliau berkenannya di tempat netral. Tapi InsyaAllah house-nya, tuan rumahnya kami," kata Sohibul.

3. Komunikasi Demokrat dan partai koalisi

Penjajakan Koalisi, SBY akan Bertemu Sohibul ImanDok. IDN Times

Sebelumnya, SBY juga telah melakukan komunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kemudian, komunikasi juga telah dibangun bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Manuver yang dilakukan Demokrat untuk mendekati partai oposisi ini, mulai dijalankan oleh SBY setelah Demokrat merasa bahwa jalan menuju koalisi Jokowi telah ditutup. Sehingga, SBY pun mulai membuat ramuan koalisi di luar petahana.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya