Comscore Tracker

Puan Masuk Bursa Capres 2024, PDIP: Biarkan Dinamika Politik Berjalan

PDIP akui belum fokus pada Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Survei Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei yang menyebut bahwa tiga kader PDIP masuk ke dalam bursa Calon Presiden 2024. Ketiga kader PDIP itu seperti Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, dan Puan Maharani.

Mengenai hasil survei tersebut, politikus PDIP Andreas Pareira mengatakan hal itu menunjukan bahwa partainya memang partai kader.

"Dari hasil survei ini menunjukan bahwa PDI Perjuangan mempunyai stok kader yang cukup banyak dan mumpuni. Ada Puan Maharani, Ganjar Pranowo, juga Tri Rismaharini," kata Andreas saat dihubungi IDN Times, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Puan Maharani Disebut-sebut di Kasus Juliari, Begini Reaksi PDIP

1. PDIP akui belum fokus pada Pilpres 2024

Puan Masuk Bursa Capres 2024, PDIP: Biarkan Dinamika Politik BerjalanANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Meski begitu, kata Andreas, saat ini PDIP masih belum terlalu fokus pada Pilpres 2024. Sebab, Pilpres masih tiga tahun lagi dan dinamika politik berjalan terus. Oleh karena itu, partai berlambang banteng ini akan fokus pada tugas kenegaraan terlebih dulu.

"Di PDI Perjuangan, kader partai fokus pada tugas-tugas kenegaraan maupun kepartaian untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pada saatnya, dalam momentum yang tepat, barulah partai memutuskan kandidat," ucap Andreas.

2. Ganjar adalah kader PDIP yang memiliki elektabilitas tertinggi versi Survei PPI

Puan Masuk Bursa Capres 2024, PDIP: Biarkan Dinamika Politik BerjalanANTARA FOTO/Reno Esnir

Survei Parameter Politik Indonesia (PPI) melakukan survei dengan melibatkan 1.200 responden di berbagai wilayah Indonesia. Responden dipilih dengan metode simple random sampling dari 6.000 data target yang pernah diwawancara tatap muka pada September 2017-Desember 2020.

Margin of error survei sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei terbaru PPI ini dilakukan pada 3-8 Februari 2021 dengan menggunakan kuesioner via telepon (telepolling).

Berdasarkan hasil survei PPI yang dilakukan 3-8 Februari 2021, terdapat beberapa nama yang masuk dalam bursa Pilpres 2024. Dari PDIP sendiri, terdapat tiga nama yaitu Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 11,3 persen, Tri Rismaharini dengan elektabilitas 4,0 persen dan Puan Maharani 0,7 persen.

Baca Juga: Survei Capres 2024: Prabowo-Ganjar Bersaing Ketat, Anies-Sandi Melorot

3. Prabowo Subianto memiliki elektabilitas terbesar di Pilpres 2024 versi Survei PPI

Puan Masuk Bursa Capres 2024, PDIP: Biarkan Dinamika Politik BerjalanANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Selain nama-nama tersebut, ada juga beberapa nama yang diprediksi masuk ke dalam bursa Pilrpes 2024 menurut survei PPI. Elektabilitas tertinggi diduduki oleh Prabowo Subianto dengan persentase sebesar 19,9 persen, lalu posisi kedua ada Anies Baswedan dengan persentase 11,9 persen, dan posisi ketiga ditempati oleh Ganjar 11,3 persen.

Tak hanya itu, nama Ridwan Kamil juga masuk ke dalam bursa dan menduduki posisi keempat dengan persentase 4,1 persen. Sementara, posisi kelima adalah Tri Rismaharini dengan persentase 4,0 persen.

Baca Juga: Puan Akhirnya Akui Matikan Mic Saat Sidang Paripurna UU Cipta Kerja

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya