Untuk Kepentingan Kormersial, Bandara Mutiara di Palu Dibuka Sore Ini

Gempa di Palu dan Donggala mencapai 7,4 SR

Jakarta, IDN Times - Bandara Palu akan dibuka kembali sore ini, pasca-gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). Akibat gempa di wilayah tersebut dan sekitarnya, bandara ini sempat ditutup dan tidak dioperasikan.

Tidak semua landasan pacu di Bandara Palu mengalami kerusakan, sehingga masih bisa didaratkan pesawat. Bagaimana kondisi terkini bandara tersebut?

1. Bandara Palu akan dibuka sore ini

Untuk Kepentingan Kormersial, Bandara Mutiara di Palu Dibuka Sore IniANTARA FOTO/BNPB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Bandara Mutiara di Palu akan segera dibuka kembali sore ini, untuk kepentingan komersial sore ini. Bandara Mutiara Palu sempat ditutup karena dari total panjang landasan yang mencapai 2.500 meter, 40 di antaranya mengalami keretakan.

"Berdasarkan laporan, Bandara Palu akan segera dibuka. Dan itu dipastikan Bandara Palu dibuka untuk komersial sore ini," kata Sutopo di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (29/9).

Baca Juga: Salah Satu Penyebab Utama Gempa Donggala: Patahan Palu-Koro yang Aktif

2. Kementerian Perhubungan akan memberitahukan detail pembukaan Bandara Mutiara

Untuk Kepentingan Kormersial, Bandara Mutiara di Palu Dibuka Sore IniANTARA FOTO/Rolex Malaha

Terkait pukul berapa Bandara Mutiara akan dibuka, Sutopo mengatakan, tidak mengetahui detailnya. Karena yang mengetahui detail dibukanya bandara ini adalah Kementetian Perhubungan.

"Kalau itu tanyakan saja kepada Kementerian Perhubungan," ujar Sutopo.

3. Tidak semua landasan pacu mengalami kerusakan, sehingga pesawat masih bisa mendarat

Untuk Kepentingan Kormersial, Bandara Mutiara di Palu Dibuka Sore IniANTARA FOTO/BNPB/pras/18.

Sebelumnya, Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto melalui keterangan tertulis mengatakan tidak semua landasan mengalami kerusakan di Bandara Mutiara Palu. Sehingga, masih bisa dijadikan tempat mendarat pesawat.

Menurut Novie, berdasarkan pengamatan timnya di lapangan, terdapat retakan di salah satu ujung runway sepanjang 250 meter. Sehingga, masih terdapat 2.000 meter lagi yang masih bisa digunakan. 

"Artinya untuk pesawat Hercules dan ATR masih aman untuk mendarat di runaway tesebut. Layanan navigasi penerbangan yang kami berikan dapat berjalan dengan baik," ujar Novie.

Semoga kerusakan di Bandara Mutiara segera diperbaiki, agar proses pengiriman bantuan lebih cepat ya guys.

Baca Juga: Kisah ATC di Bandara Palu yang Tewas Ketika Bertugas Akibat Gempa 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya