Comscore Tracker

Kasus COVID-19 Tembus 1 Juta hingga Rasisme terhadap Natalius Pigai 

Indonesia Hari Ini, ada juga soal diskriminatif siswi Padang

Jakarta, IDN Times - Kasus orang yang terinfeksi virus COVID-19 di Indonesia semakin banyak. Angkanya menembus satu juta orang. Jawa Barat jadi daerah yang paling banyak menyumbang kasus ini.

Selain soal meledaknya kasus COVID-19 di Indonesia, masalah rasialisme yang menimpa Natalius Pigai juga jadi sorotan pembaca IDN Times sepanjang Selasa (26/1/2021). Ada juga berita menarik lainnya.

1. Kasus COVID-19 melebihi satu juta orang

Kasus COVID-19 Tembus 1 Juta hingga Rasisme terhadap Natalius Pigai Ilustrasi petugas medis melakukan rapid tes antigen COVID-19 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Baca Juga: Iran Minta Indonesia Klarifikasi Soal Penyitaan Kapal Tanker Minyak

Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan penambahan 13.094 orang yang positif terpapar virus corona pada Selasa (26/1/2020). Dengan penambahan ini total jumlah orang yang terpapar COVID-19 di Tanah Air sudah mencapai 1.012.350 kasus.

Angka tersebut menjadi perjalanan panjang pandemik di Indonesia selama 11 bulan terakhir, sejak diumumkannya kasus pertama COVID-19 pada Senin, 2 Maret 2020 oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Baca selengkapnya di sini.

2. Kasus diskriminatif siswi nonmuslim di Padang

Kasus COVID-19 Tembus 1 Juta hingga Rasisme terhadap Natalius Pigai IDN Times/Wildan Zalfi

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat berjanji melakukan evaluasi dan revisi menyeluruh terkait peraturan atau kebijakan sekolah yang diskriminatif. Hal ini menindaklanjuti protes kebijakan wajib mengenakan jilbab siswi nonmuslim yang menuntut ilmu di sekolah negeri di Sumbar. 

Hal itu disampaikan Beka usai mengikuti pertemuan di kantor Ombudsman Sumbar pada Selasa (26/1/2021). Pertemuan itu diikuti oleh perwakilan Komnas HAM Sumbar, Ombudsman dan Dinas Provinsi Sumbar. Selengkapnya ada di link ini.

3. Warga Papua diimbau tak terprovokasi rasisme kepada Natalius Pigai

Kasus COVID-19 Tembus 1 Juta hingga Rasisme terhadap Natalius Pigai ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Argo Yuwono mengimbau warga Papua agar tidak terprovokasi kasus dugaan rasisme terhadap tokoh Papua, Natalius Pigai. Ia berharap warga tidak melakukan tindak pidana dalam merespons kasus tersebut.

Argo memastikan Bareskrim Polri akan memproses kasus rasisme yang dilakukan pemilik akun Facebook, Ambroncius Nababan, terhadap Natalius Pigai. Bagaimana duduk perkara kasus ini? Lihat di tautan berikut.

4. Jokowi resmikan tol Kayu Agung, Bakauheni ke Palembang bisa 3 jam

Kasus COVID-19 Tembus 1 Juta hingga Rasisme terhadap Natalius Pigai Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang, Ogan Ilir pada Selasa (26/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan jalan Tol Kayu Agung-Palembang, Sumatra Selatan, pada Selasa (26/1/2021). Jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer itu siap digunakan masyarakat.

"Jalan tol ini adalah poros terpenting dari jalan Tol Trans Sumatra. Poros utama backbone Sumatra bagian selatan, ruas terakhir yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni bisa tembus sampai Palembang," kata Jokowi. Selengkapnya di link ini.

5. Viral video Jakarta rasa Seoul

Kasus COVID-19 Tembus 1 Juta hingga Rasisme terhadap Natalius Pigai Video TikTok yang gambarkan suasana kota Jakarta di malam hari (TikTok/Suryadanna

Video TikTok milik seorang pemuda bernama Surya Danna (25) viral di media sosial. Tangkapan kamera ponsel Surya memperlihatkan potret Jakarta di malam hari yang penuh dengan cahaya lampu malam dan pejalan kaki di kawasan Jakarta Pusat.

Video ini awalnya diunggah Surya di akun TikTok miliknya @Suryadanna dan hingga Selasa (26/1/2021) video suasana malam di Jakarta ini telah ditonton hingga 3,4 juta kali. Bagaimana video ini bisa begitu viral. Baca selengkapnya di link berikut.

Baca Juga: Soroti Tuntutan Pinangki, Golkar: Kalau Saya Jaksa Agung, Saya Mundur

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya