Sudah 304 Orang Meninggal Akibat Virus Corona

Paling banyak di Provinsi Hubei, Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Jumlah korban tewas akibat virus Corona (Coronavirus) terus bertambah. Data terbaru Center for Systems Science and Engineering (CSSE) John Hopkins University, Amerika Serikat mencatat ada 304 orang meninggal dunia hingga Minggu (2/2) dari 14.499 orang yang positif terkena virus Corona.

Angka ini bertambah 45 orang dibandingkan sehari sebelumnya, Sabtu (1/2) yang masih tercatat 259 orang.

Baca Juga: Kemenkes: Laboratorium di RI Standar WHO, Bisa Deteksi Virus Corona

1. Korban meninggal semua dari negara Tiongkok

Sudah 304 Orang Meninggal Akibat Virus CoronaWarga memakai masker saat mereka memilih barang di sebuah supermarket di Beijing saat China sedang terjadi penularan virus corona baru, Beijing, Tiongkok, pada 25 Januari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Korban meninggal terbanyak ada di Provinsi Hubei, Tiongkok sebanyak 294 orang dari jumlah orang yang terpapar virus sebanyak 9.074 orang. Kota Wuhan yang menjadi pusat penyebaran virus ada di provinsi ini.

Di Henan, dari 493 orang yang positif Corona, sebanyak dua orang dilaporkan meninggal dunia. Selanjutnya di wilayah Chongqing, dari 262 orang positif Corona, meninggal dunia satu orang.

Sementara di Sinchuan satu orang tewas dari 231 orang yang terpapar virus ini. Disusul satu orang meninggal di Shanghai dari 177 orang yang terinfeksi virus Corona. Di Beijing dari 168 orang yang terkonformasi positif Corona, ada satu orang yang meninggal dunia. Satu orang juga meninggal di Hebei dari 104 yang terkonfirmasi.

Sedangkan di wilayah Heilongjiang terdapat dua orang meninggal dunia dari 95 orang yang terkonfirmasi. Dan, satu orang di Hainan juga meninggal dunia dari 63 orang yang terpapar virus ini.

2. Menyebar ke 24 negara di luar Tiongkok, Hong Kong dan Macau

Sudah 304 Orang Meninggal Akibat Virus CoronaPeta penyebaran virus Corona/CSSE John Hopkins University

Sejauh ini korban meninggal dunia masih didominasi warga Tiongkok, sementara dari puluhan negara lain yang sudah tercatat warganya positif terjangkit virus Corona belum ada satu pun yang melaporkan korban meninggal.

Negara-negara itu antara lain Jepang (20 orang), Thailand (19 orang), Singapura (18 orang), Korea Selatan (15 orang), Hong Kong (14 orang), Australia (12 orang), Taiwan (10 orang), Jerman (8 orang ), Amerika Serikat (8 orang), Malaysia (8 orang), Macau (7 orang), Prancis (6 orang), Vietnam (6 orang), Canada (4 orang), UEA (4 orang), Italia (2 orang), Rusia (2 orang), Inggris (2 orang), Nepal (1 orang), Kamboja (1 orang), Spanyol (1 orang), Filipina (1 orang), Finlandia (1 orang) Swedia (1 orang), India dan Sri Lanka masing-masing satu orang.

3. Sebanyak 342 orang dinyatakan sembuh

Sudah 304 Orang Meninggal Akibat Virus CoronaSeorang perawat saat berjalan masuk ke ruang Rajawali tempat isolasi pasien suspect virus Corona. IDN Times/Fariz Fardianto

Meski menyerang belasan ribu orang, sebanyak 339 orang dinyatakan sembuh dari penularan virus ini.

Pemerintah Indonesia sendiri terus melakukan antisipasi untuk mencegah masuknya virus Corona. Minggu (2/2) ini sebanyak 238 orang WNI sudah dievakuasi dari Hubei, Tiongkok. Mereka mendarat pukul 08.30 WIB dan akan diobservasi selama dua minggu di pangkalan militer Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau.

Baca Juga: Selain Corona, Ini 5 Virus Mematikan yang Sempat Gegerkan Dunia

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya