Rekapitulasi Pemilu Ditunda Imbas Sidang DKPP

Sidang digelar karena kebocoran data

Jakarta, IDN Times - Rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 mendadak ditunda pada Rabu (28/2/2024) pagi. Sebab, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari dan seluruh Komisioner KPU harus menjalani sidang pemeriksaan Kode etik di kantor Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jakarta Pusat.l, terkait dengan kebocoran data.

"DKPP menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) perkara nomor 4-PKE-DKPP/I/2024 di Ruang Sidang DKPP, Jakarta pada Rabu (28/2/2024) pukul 09.00 WIB," kata Sekretaris DKPP, David Yama, dalam keterangannya.

Perkara yang diadukan oleh Rico Nurfiansyah Ali itu dalam pokok aduannya, mendalilkan para teradu telah tidak akuntabel dan profesional karena adanya dugaan kebocoran data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024.

Agenda sidang ini adalah untuk mendengarkan keterangan dari Pengadu, Teradu, ataupun Pihak Terkait, dan saksi-saksi yang dihadirkan. Dia mengaku DKPP telah memanggil para pihak secara patut sesuai ketentuan Pasal 22 ayat (1) Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum.

"Sekretariat DKPP telah memanggil semua pihak secara patut dengan menyampaikan surat pemanggilan sidang lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar," tuturnya.

Sementara itu, Hasyim sempat izin untuk membuka rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu terlebih dahulu. Hal itu disampaikan Hasyim saat membuka rapat pleno rekapitulasi di kantor KPU, Jakarta Pusat.

"Perlu kami sampaikan bahwa pada Rabu 28 Februari 2024, kami, anggota KPU, mendapat panggilan sidang dari DKPP yang dijadwalkan jam 9 pagi tadi," ungkap Hasyim.

"Kami sudah menyampaikan kepada majelis pimpinan DKPP, bahwa kami akan membuka dulu rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitugnan suara tingkat nasional," lanjutnya.

Sebelumnya, KPU menyebut akan mulai melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 secara nasional pada Rabu (28/2/2024) pukul 09.00 WIB.

Rapat rekapitulasi itu akan dilangsungkan di kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. KPU sudah mendirikan tenda semi permanen untuk tempat pelaksanaan rapat pleno terbuka itu sejak Sabtu lalu.

Hasyim menyebut suara yang sudah siap untuk direkapitulasi pada tahap awal ini merupakan suara dari pemilu di mancanegara.

"Yang sudah hadir di kantor KPU ada 36 PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) yang sudah siap mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara yang akan kita mulai hari Rabu besok, 28 Februari," kata Hasyim dalam jumpa pers pada Selasa (27/2/2024).

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya