TKN: Prabowo-Gibran Komitmen Jaga Stabilitas Perdamaian Global

Indonesia berpotensi jadi negara berpengaruh

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN), Budiman Sudjatmiko, menyampaikan komitmen Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk menciptakan stabilitas perdamaian global jika terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Budiman mengungkapkan bahwa jika terpilih, Prabowo-Gibran akan menjalin hubungan baik dengan negara tetangga dan menciptakan stabilitas perdamaian, tidak hanya di tingkat global tetapi juga di kawasan strategis Indo-Pasifik.

"Saat terpilih, Prabowo-Gibran berkeinginan untuk menjalin hubungan baik dengan negara tetangga dan menciptakan stabilitas perdamaian, baik di tingkat global maupun setidaknya di tingkat regional di kawasan Indo-Pasifik," ujar Budiman dalam keterangannya di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, dikutip Jumat (5/1/2023).

Baca Juga: TKN: Prabowo Kuasai Tema Debat Ketiga, Tidak akan Serang Capres Lain

1. Indonesia potensi bawa pengaruh besar

TKN: Prabowo-Gibran Komitmen Jaga Stabilitas Perdamaian GlobalAktivis 98 sekaligus Dewan Pembina Relawan Prabowo-Budiman Bersatu (Prabu), Budiman Sudjatmiko (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Budiman menekankan peran penting Indonesia dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar dan berpotensi menjadi negara berpengaruh di kawasan Indo-Pasifik.

"Kapasitas Indonesia, baik dari segi jumlah penduduk, luas wilayah, serta sejarahnya sebagai negara yang pragmatis dan aktif dalam gerakan non blok Asia Afrika, menjadikan Indo-Pasifik sebagai wilayah pengaruh yang wajar bagi Indonesia. Kita telah lama absen dalam pembicaraan tersebut," ucap dia.

Baca Juga: TKN Minta Laporan TKD Kepri yang Polisikan Bawaslu Dicabut

2. Prabowo dinilai punya pengalaman untuk jaga stabilitas global

TKN: Prabowo-Gibran Komitmen Jaga Stabilitas Perdamaian GlobalPrabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Budiman, dalam konteks global yang dinamis dan sering menuai ketegangan, visi Prabowo-Gibran menciptakan stabilitas dan perdamaian sangat penting.

Dia menjelaskan, dengan latar belakang Prabowo yang berpengalaman dan paham dalam bidang geostrategi, pasangan ini berpotensi untuk meningkatkan posisi tawar Indonesia di panggung internasional. Prabowo-Gibran juga berkomitmen pada penguatan kerja sama di berbagai bidang, termasuk ekonomi, sosial, dan budaya.

Melalui pendekatan ini, mereka berharap dapat mempromosikan perdamaian dan stabilitas melalui kerja sama yang saling menguntungkan dan menghormati kedaulatan negara-negara. Strategi ini tidak hanya mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang dinamika global, tetapi juga menunjukkan komitmen kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain kunci dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional maupun global.

Dengan visi ini, Prabowo-Gibran berharap dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, di mana negara tidak hanya berkembang secara internal tetapi juga berkontribusi secara aktif dan positif terhadap komunitas internasional.

"Pak Prabowo memiliki pengalaman dan pemahaman lebih dalam dalam hal geostrategi. Ini akan meningkatkan posisi Indonesia di tingkat internasional dalam menghadapi berbagai masalah," ungkap dia.

Baca Juga: TKN: Bawaslu Jakpus Tak Profesional, Kami Laporkan ke DKPP

3. TKN klaim pilpres 1 putaran bisa jadi solusi saat geopolitik tak pasti

TKN: Prabowo-Gibran Komitmen Jaga Stabilitas Perdamaian Globalilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Dalam pernyataan terpisah, Budiman mengatakan pemilu presiden (pilpres) satu putaran menjadi solusi di tengah ketidakpastian kondisi geopolitik dunia di tahun 2024.

Dia menjelaskan, saat ini beberapa negara besar juga menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu), sehingga dikhawatirkan berpotensi pengaruhi geopolitik dunia.

Dengan pengalaman yang dimiliki Prabowo Subianto, Budiman meyakini akan lebih memberi kepastian terhadap masa depan Indonesia di dunia internasional, serta dapat mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan.

"Kita juga harus tahu di dunia ada puluhan negara yang mau pemilu, ada Pemilu Taiwan, Pemilu Rusia, Pemilu Amerika, Inggris, dan India. Karena itu, kita tidak boleh meraba-raba dengan ketidakpastian. Maka, Pak Prabowo punya pengalaman itu," kata Budiman dalam acara di Rumah Besar Relawan Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya