Comscore Tracker

Ledakan di Masjid Bangladesh, 20 Orang Tewas 

Ledakan diduga berasal dari AC dan kebocoran gas

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 20 orang tewas akibat ledakan yang terjadi di sebuah masjid di dekat ibu kota Bangladesh pada Jumat (4/9/2020) waktu setempat. Penyebab ledakan diduga karena kebocoran gas dan AC.

Seperit dikutip dari ANTARA, sebanyak 17 orang masih kondisi kritis. Beberapa dari mereka dirawat di Sheikh Hasina National Institute of Burn and Plastic surgery di kota Dhaka.

1. Komite untuk menyelidiki penyebab kebakaran dibentuk

Ledakan di Masjid Bangladesh, 20 Orang Tewas Ilustrasi Ledakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Pertahanan Sipil Bangladesh, Ershad Hossain, mengatakan di antara korban tewas tersebut terdapat muzain, imam masjid, serta seorang bocah berusia 7 tahun. Sementara korban yang cedera mengalami luka bakar cukup parah.

Hossain mengatakan komite dibentuk untuk menyelidiki peristiwa tersebut. Termasuk di dalamnya komite dari dinas pemadam kebakaran.

Baca Juga: Ledakan Bengkel Las yang Tewaskan 3 Orang, Pemilik Diperiksa

2. Kebakaran diduga terjadi karena ledakan AC

Ledakan di Masjid Bangladesh, 20 Orang Tewas worldatlas.com

Petugas kepolisian setempat, Aslam Hossain, kepada The New York Times mengatakan ledakan berawal dari enam unit AC di lantai bawah masjid. Hanya sedikit saja dari jemaah yang berhasil selamat dari ledakan mengerikan ini.

"Hanya satu atau dua jemaah yang berhasil keluar dari masjid sisanya terbakar di dalam masjid," kata Aslam Hossain. 

Dokter rumah sakit yang menangani para korban menyebutkan korban mengalami luka bakar mulai 30 hingga 70 persen di sekujur tubuh mereka.

3. Presiden memberikan bantuan bagi korban

Ledakan di Masjid Bangladesh, 20 Orang Tewas (Ilustrasi) IDN Times/Arief Rahmat

Presiden Abdul Hamis, Perdana Menteri Sheikh Hasina, serta Menteri Agama menyampaikan kesedihan mendalam atas peristiwa ini. Perintah untuk memberikan bantuan bagi para korban dan meminta penyelidikan atas insiden tersebut juga sudah dikeluarkan.

Menteri ESDM Nasrul Hamid juga langsung menginstruksikan bagi seluruh perusahaan pemasok listrik agar memeriksa koneksi aliran listrik dan koneksi AC di masjid dan lembaga agama lainnya di area jangkauan mereka.

Hingga saat ini diduga ada pipa yang melintas di bawah masjid dan terjadi kebocoran gas yang menumpuk di dalam ruangan karena jendela masih tertutup. Melansir dari ANTARA ledakan mungkin dipicu oleh percikkan api saat seseorang menyalakan atau mematikan AC ataupun kipas.

Pejabat setempat juga sempat menyebutkan masjid tersebut baru-baru ini memang mengadu soal kebocoran gas.

Baca Juga: Ini 5 Masjid di Aceh dengan Gaya Timur Tengah yang Memukau Mata 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya