Info Terbaru Korban Malaysia Airlines MH370, Pencarian Dilanjutkan!

Hingga kini, hilangnya pesawat tersebut masih misteri

Satu misteri dunia penerbangan yang sampai saat ini belum terpecahkan adalah hilangnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 dari Kuala Lumpur menuju Beijing, bulan Maret 2014. 

Setelah usaha pencarian yang memakan biaya dan tenaga selama hampir tiga tahun tanpa menemukan hasil, pemerintah Malaysia yang dibantu oleh para penyelidik dari Australia dan China menghentikan upaya pencariannya di awal tahun lalu.

Operasi pencarian terbesar sepanjang sejarah ini telah menyisir wilayah seluas 46.332 miles per segi dengan menghabiskan dana sekitar £120 juta selama 1.046 hari, demikian dilansir dari The Independent.

1. Dibayar jika pesawat ditemukan

Info Terbaru Korban Malaysia Airlines MH370, Pencarian Dilanjutkan!twitter/@staronline

Penghentian upaya pencarian ini tentunya menimbulkan pertentangan, khususnya dari keluarga korban yang berjumlah 239 orang. 

Namun kini sebuah perusahaan eksplorasi dasar laut yang bermarkas di Amerika Serikat telah merampungkan kesepakatan dengan pemerintah Malaysia untuk melanjutkan upaya pencarian ini.

Ocean Infinity demikian nama perusahaan tersebut, mencapai kata sepakat dengan sistem 'no cure, no fee', yang artinya mereka baru akan mendapatkan bayaran jika berhasil menemukan pesawat tersebut, demikian dilansir dari Newsweek.

2. Kapal pencari sudah bergerak ke lokasi pencarian

Info Terbaru Korban Malaysia Airlines MH370, Pencarian Dilanjutkan!twitter/@MH370LATESTcom

Namun pemerintah Malaysia belum mengumumkan secara resmi kesepakatan ini. Meskipun MH Family Support Centre telah mengirimkan pemberitahuan kepada seluruh keluarga korban melalui email.

Ocean Infinity akan melanjutkan pencariannya di lokasi yang telah diidentifikasikan oleh Australia’s Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization sebagai lokasi jatuhnya pesawat, yaitu di lepas pantai bagian barat Australia. 

Kapal pencari perusahaan ini dikabarkan juga sudah bergerak ke arah tersebut. Di mana menurut catatan kapalnya sudah diberangkatkan dari Durban, Afrika Selatan hari Selasa lalu dan sedang bergerak menuju Perth, Australia.

3. Pertengahan Januari sudah bisa langsung bekerja

Info Terbaru Korban Malaysia Airlines MH370, Pencarian Dilanjutkan!twitter/@MH370LATESTcom

Diharapkan kapal tersebut akan sampai di lokasi pertengahan bulan Januari dan bisa langsung melakukan tugasnya setelah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah Malaysia.

Sejauh ini telah ditemukan beberapa puing kapal tersebut di sepanjang Laut India dan sepanjang pantai timur Afrika. Setidaknya sudah ada tiga puing yang dikonfirmasi sebagai bagian dari pesawat yang hilang.

Para penyelidik telah menyatakan bahwa kemungkinan seseorang secara sengaja mematikan transponder pesawat Boeing 777 sebelum membelokkan arah pesawat ke Laut India.

Ini menjadi harapan baru bagi keluarga yang selama ini masih bertanya-tanya mengenai kejelasan anggota keluarga mereka yang berada dalam penerbangan tersebut. Meskipun tidak diketahui berapa jumlah kompensasi seandainya perusahaan tersebut berhasil menemukan bangkai pesawat tersebut.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya