Fakta dan Alasan di Balik Pemblokiran Tik Tok, Aplikasi Hits Zaman Now

Kenapa sampai diblokir?

Jakarta, IDN Times - Belakangan aplikasi Tik Tok menjadi primadona bagi generasi muda Indonesia saat ini. Aplikasi yang memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk berkreasi dengan membuat video pendek ini pun langsung melejit dan digrandrungi oleh banyak anak muda.

Aplikasi Tik Tok sendiri mengajak pengguna untuk bebas berkreasi membuat video hingga bisa membagikannya kepada teman-teman. Pengguna pun bisa memilih sendiri lagu dan efek filter serta mode yang ingin digunakan.

Namun, kemudian aplikasi mendapat sejumlah kritikan dari masyarakat. Sehingga membuat pemerintah akhirnya memblokirnya.

1. Kominfo memblokir aplikasi Tik Tok

Fakta dan Alasan di Balik Pemblokiran Tik Tok, Aplikasi Hits Zaman NowIDN Times/Indiana Malia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi akhirnya memblokir aplikasi Tik Tok. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

“Situs Tik Tok kami blokir. Banyak kontennya yang negatif terutama untuk anak-anak,” ujarnya seperti dinukil dari laman Antara. 

2. Mengandung sejumlah konten negatif

Fakta dan Alasan di Balik Pemblokiran Tik Tok, Aplikasi Hits Zaman Nowtsatic.net

Salah satu alasan yang membuat pemerintah akhirnya memblokir aplikasi negatif tersebut karena mengandung konten-konten yang negatif. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri banyak mendapatkan laporan dari sejumlah pihak seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) hingga Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). 

3. Lahirnya ‘seleb’ Tik Tok

Fakta dan Alasan di Balik Pemblokiran Tik Tok, Aplikasi Hits Zaman NowGoogle Play

Melejitnya aplikasi Tik Tok ini hingga mampu melahirkan ‘seleb’ Tik Tok yang saat ini banyak diperbincangkan di masyarakat. Nama Bowo Alpenliebe sendiri banyak diperbincangkan karena beberapa waktu lalu sempat mengadakan meet and greet layaknya seperti selebritas papan atas. Tiket seharga Rp 80 ribu tersebut nyatanya laris diburu oleh ‘fans’nya.

Baca juga: Jadi Artis Tik Tok, Ini 10 Potret Kece Bowo Alpenliebe

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya