Cak Imin Cecar Gibran soal Bioregional Supaya Keadilan Sosial Terwujud

Gibran sempat sindir Cak Imin

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menanyakan strategi Gibran Rakabuming terkait pembangunan berbasis bioregional. 

Kawasan bioregional adalah kawasan daratan dan perairan yang batasnya tidak ditentukan oleh batas politik, melainkan geografis kelompok masyarakat dan sistem ekologis tertentu.

Dalam segmen keempat, cawapres berkesempatan untuk bertanya kepada kandidat lain. Cak Imin bertanya kepada cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming.

Pada sesi ini, Cak Imin ingin menguji bagaimana strategi Gibran Rakabuming untuk melakukan pembangunan berbasis bioregional supaya pembangunan tepat sasaran.

Cak Imin mulanya menjelaskan pembangunan Indonesia harus dilakukan dengan pendekatan bioregional.

"Pak Gibran Indonesia terdiri dari bioregional di mana kita harus mengerti supaya pembangun tepat sasaran," katanya, Minggu (21/1/2024).

"Bagaimana strategi anda berbasis bioregional agar keadilan iklim terjaga, keadilan sosial terwujud, keadilan ekologi terlaksana dengan baik, keadilan antar generasi terwujud sekaligus keadilan sosial," tanya Cak Imin.

Gibran sempat menanggapi pertanyaan Cak Imin dengan sindiran. Ia menyoroti Cak Imin yang memakai botol plastik, padahal debat cawapres mengusung tema lingkungan.

"Gus Muhaimin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkungan hidup, tapi kok pakai botol-botol plastik itu. Padahal saya, Pak Ganjar, Prof Mahfud pakai botol kaca. Itu gimana komitmennya itu, botol plastik semua itu," ucap dia.

Setelah itu, Gibran sempat menjawab soal pembangunan IKN yang akan dilanjutkan jika pasangan Prabowo-Gibran terpilih. Gibran juga menyoroti perihal pembangunan yang tidak jawasentris.

Baca Juga: CEK FAKTA: Gibran Sebut Program B35  B40 Turunkan Nilai Impor Minyak

Baca Juga: Gibran: Gus Muhaimin Mungkin Dapat Contekan dari Pak Tom Lembong

Baca Juga: Dandhy Laksono: Paslon 1 dan 3 Pakai Kesempatan Bertanya Serang Gibran

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya