Deddy PDIP: Jokowi Bakar Rumahnya Sendiri Demi Kepentingan Keluarga

PDIP tidak mungkin berhubungan baik lagi dengan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Politikus PDIP Deddy Sitorus mengaku partainya selalu berhubungan baik dengan semua pihak kecuali dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Deddy menyatakan PDIP tidak mungkin berhubungan baik lagi dengan Jokowi karena telah membakar rumahnya sendiri demi kepentingan keluarganya.

Sejak tahun 2005 silam, saat itu PDIP mengusung Jokowi untuk maju pada Pilkada Surakarta. PDIP kembali mengusung Jokowi pada Pilkada DKI Jakarta 2012 dan berlanjut pada Pilpres 2014-2019.

“Hubungan kita dengan semua baik, yang tidak baik itu cuma dengan Jokowi. Karena dia lebih memilih membakar rumahnya sendiri untuk kepentingan dia dan keluarganya,” kata Deddy di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Deddy menuturkan, PDIP tidak pernah bermusuhan dengan Gerindra. Pernyataan itu disampaikan ketika ditanya apakah ada peluang bagi PDIP untk melakukan rekonsiliasi bersama Gerindra usai Pemilu 2024.

“Memangnya kita ada permusuhan dengan Gerindra? Kan nggak ada. Kita berkompetisi dalam pemilu yang konstitusional. Nggak ada masalah kita dengan Gerindra,” ucapnya.

1. PDIP kecewa Gibran jadi cawapres Prabowo

Deddy PDIP: Jokowi Bakar Rumahnya Sendiri Demi Kepentingan KeluargaCapres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (YouTube/Prabowo Gibran)

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo, mengaku kecewa dengan bergabungnya Gibran Rakabuming menjadi cawapres Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju. Padahal, Gibran merupakan kader PDI Perjuangan.

Dia mengatakan, pencalonan Gibran pada Pilpres 2024 telah melukai semua pihak di PDIP yang telah merekam jejak perjalanan politiknya di kancah politik di Indonesia.

"Sebagai kader PDI Perjuangan, saya sangat kecewa dengan keputusan GRR yang meniggalkan PDI Perjuangan untuk dicalonkan oleh partai lain dan menjadi Cawapres dari KIM. Memang ini hak politik GRR, tetapi ini juga melukai hati banyak orang yang mengetahui dan merekam perjalanan karir GRR," ujar Andreas

Baca Juga: Prabowo-Gibran Menang Pemilu 2024 di 34 Provinsi

2. PDIP bertanya-tanya mengapa Gibran tega berpaling

Deddy PDIP: Jokowi Bakar Rumahnya Sendiri Demi Kepentingan KeluargaCawapres Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Andreas mempertanyakan sikap Gibran karena tega berpaling dari PDIP Padahal, PDIP selama ini selalu memberikan tempat istimewa bagi Gibran.

Ia pun mempertanyakan, apakah selama ini PDIP pernah memperlakukan Gibran dengan tidak adil.

"Apakah PDI Perjuangan telah berlaku tidak adil kepada beliau? Setahu saya ini tidak pernah terjadi. Yang bersangkutan justru selama ini mendapat tempat istimewa di partai; dicalonkan, diperjuangkan dan terpilih sebagai Walikota dalam usia karir politik yamg relatif baru," beber dia.

Baca Juga: PKB Tetap Akan Ajukan Hak Angket, Berharap PDIP Ikut Dukung

3. Jokowi mulai terang-terangan jauhi PDIP

Deddy PDIP: Jokowi Bakar Rumahnya Sendiri Demi Kepentingan KeluargaPresiden Jokowi meninjau ketersediaan beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mulai terang-terangan menjauhi PDIP sejak Pemilu 2024. Hal itu terlihat dari sikap Jokowi yang tak mengirimkan ucapan melalui video dan karangan bunga selamat ulang tahun ke-51 untuk PDIP.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana enggan berkomentar ihwal status Jokowi dan keluarganya di PDIP.

Namun, Ari mengatakan, Jokowi masih resmi berstatus sebagai kader PDIP karena selama ini belum ada pernyataan untuk keluar dari partai tersebut.

"Ya, sampai saat ini belum ada apa-apa kan? Tetap tidak ada apa pun dari Presiden, pernyataan dari Presiden (keluar) maupun dari PDIP. Jadi baik-baik saja," ujar Ari.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya