Lima Nama Masuk Bursa Cagub DKI 2024, Ada Ridwan Kamil hingga Sahroni

Sahroni masuk tiga bursa bakal cagub NasDem

Jakarta, IDN Times - Mahkamah Konstitusi (MK) tetap menginstruksikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) digelar pada November 2024. Hal tersebut tertuang dalam pertimbangan putusan perkara nomor 12/PUU-XXII/2024. 

Jadwal pelaksanaan Pilkada 2024 sebelumnya sempat diusulkan untuk dimajukan dua bulan lebih oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yakni pada September 2024. 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengatakan Pilkada Serentak 2024 tetap akan berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni pada 27 November 2024.

Menurutnya, belum ada perubahan pada Pasal 201 ayat 8 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Wali Kota Menjadi Undang-Undang.

"Sampai saat ini Pasal 201 ayat 8 UU Nomor 10 Tahun 2016 belum ada perubahannya," ujar Idham melansir ANTARA

Beberapa partai politik saat ini telah menyiapkan kadernya untuk maju dalam kontestasi Pilkada DKI 2024. Lantas siapa saja nama-nama yang berpotensi masuk bursa bakal calon gubernur?

1. Sahroni si Anak Priok masuk bursa cagub NasDem

Lima Nama Masuk Bursa Cagub DKI 2024, Ada Ridwan Kamil hingga SahroniBendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni tak setuju dengan Ketua Umum Projo Budi Arie yang optimistis Pilpres 2024 dapat digelar satu putaran. (IDN Times/Amir Faisol)

Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim menyampaikan, pihaknya memiliki tiga nama yang masuk ke dalam bursa bakal calon gubernur mewakili partainya. Ketiganya adalah Ahmad Sahroni, Wibi Andrino dan Okky Asokawati.

"Ada anak muda ketua F-NasDem di DPRD DKI Wibi Andrino, ada Okky Asokawati yang berpengalaman 10 tahun di DPR RI dan tentu saja yang paling favorit dan sangat digandrungi oleh anak-anak muda Jakarta, 'Si Anak Priok, Ahmad Sahroni'," kata dia kepada wartawan saat dihubungi Selasa (27/2/2024) lalu.

Baca Juga: 3 Bursa Cagub NasDem di Pilgub DKI 2024, Ada Nama Ahmad Sahroni

2. NasDem ungkap ketiga nama berpengalaman di politik

Lima Nama Masuk Bursa Cagub DKI 2024, Ada Ridwan Kamil hingga SahroniSekjen Partai NasDem Hermawi Taslim (kiri), Sekjen PKB Hasanuddin Wahid (tengah), dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar (kiri) menyatakan Koalisi Perubahan siap bareng PDIP gulirkan hak angket kecurangan pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Hermawi menyampaikan tiga kader yang masuk bursa cagub NasDem untuk Pilkada DKI ini telah memiliki pengalaman panjang di dunia politik. 

Wibi Andrino bukan orang baru di Jakarta. Pria ini kini menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai NasDem di DPRD DKI Jakarta. 

Sementara Okky Asokawati punya pengalaman selama dua periode sebagai anggota dewan di Senayan. Ahmad Sahroni juga tak jauh berbeda, punya 10 tahun pengalaman di DPR RI. 

Hermawi meyakini elektabilitas Sahroni cukup kuat untuk memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2024. Sosok Sahroni dinilai cukup digandrungi anak muda.

Selanjutnya, DPP Partai NasDem akan mematangkan peta kekuatan ini guna bersiap memenangkan Pilkada DKI.

"Kami rasa bendum DPP Nasdem ini emang favorit jadi kandidat DKI 1. Kami akan segera memulai dialog dengan berbagai pihak untuk mematangkan rencana ini," kata dia.

Baca Juga: Golkar Rekomendasikan Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar Maju Pilgub DKI

3. Golkar usung Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar

Lima Nama Masuk Bursa Cagub DKI 2024, Ada Ridwan Kamil hingga SahroniKurator Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Ridwan Kamil. (Youtube Media Center Indonesia Maju)

Sementara itu, Partai Golkar merekomendasikan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar untuk maju di Pilgub Jakarta.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Sadzily mengatakan partainya memberikan keleluasaan kepada Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar untuk menaikkan elektabilitas.

Partai Golkar selanjutnya akan menggelar survei internal untuk menentukan satu nama yang maju pada Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Golkar telah memberikan tugas untuk Pilgub DKI Jakarta kepada dua nama, yaitu Pak Ridwan Kamil dan Pak Zaki Iskandar," kata Ace.

Ace mengatakan Golkar memiliki pertimbangan yang matang untuk merekomendasikan Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar. 

Dia mengatakan, Zaki Iskandar telah berhasil memimpin Kabupaten Tangerang selama dua periode, daerah yang secara geografis juga dekat dengan Jakarta.

Khusus Ridwan Kamil, Ace mengatakan sejak awal Golkar memang telah memberikan pilihan untuk tetap maju pada Pilgub Jawa Barat atau Pilgub DKI Jakarta.

"Setelah itu, baru nanti akan dilakukan survei internal Partai Golkar mana yang kira-kira paling memikat hati rakyat DKI Jakarta," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya