PKB: Jokowi Mau Ganggu Suara AMIN di Jogja

Warga NU-Muhammadiyah Jogja diklaim solid untuk AMIN

Yogyakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Yogyakarta mengomentari kunjungan kerja yang dilakukan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di daerah Yogyakarta. 

Ketua DPW Yogyakarta Agus Sulistiyono menilai kunjungan kerja Jokowi ke Yogyakarta bukan tanpa maksud tertentu kecuali ada kekhawatiran terhadap elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) yang baik di daerahnya.

Agus menilai, Jokowi mau berupaya mengganggu suara pasangan AMIN di Yogyakarta yang sejauh ini cukup solid di kalangan akar rumput.

"Saya yakin Pak Jokowi datang ke Yogya dengan upaya-upaya karena sudah mungkin hasil surveinya dia ngerti, AMIN di jogja itu menang, maka pie carane dipengaruhi dengan berbagai kebijakan," kata Agus di Yogyakarta, Senin (29/1/2024). 

1. Warga NU-Muhammadiyah solid untuk menangkan AMIN di Yogyakarta

PKB: Jokowi Mau Ganggu Suara AMIN di JogjaCapres dan Cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bersama para pengasuh Ponpes Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. (IDN Times/Amir Faisol)

Meski begitu Agus mengaku pihaknya tak gentar dan tetap solid dengan gangguan tersebut. Pihaknya memastikan tak bakal mundur memperjuangkan kemenangan mutlak bagi pasangan AMIN di Yogyakarta.

Hal itu ditambah lagi dengan kekuatan warga NU dan Muhammadiyah di Yogyakarta juga sangat solid untuk mendukung pemenangan AMIN. 

"Simbolisasi Pak Anies dan Gus Muhaimin ini menyimbolkan kekuatan NU dan Muhammadiyah," katanya. 

Baca Juga: Timnas AMIN: Sikap Jokowi Makin Ajaib

2. Kekuatan non-NU dan Muhammadiyah juga solid untuk pemenangan AMIN di Yogyakarta

PKB: Jokowi Mau Ganggu Suara AMIN di JogjaAnies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di SMESCO, Jakarta Selatan. (www.instagram.com/@cakiminow)

Di samping itu, selain warga NU dan Muhammadiyah, Agus mengatakan kekuatan di luar warga yang tergabung dalam organisasi ini juga cukup kuat di akar rumput Yogyakarta untuk pemenangan AMIN.

Saat ini, kata dia, sudah ada puluhan simpul relawan yang turut mendukung pemenangan AMIN pada Pilpres 2024.

"Jujur perlu kami sampaikan kekuatan-kekuatan yang bukan NU dan Muhammadiyah ini juga sudah menyatu. Saya bisa sampaikan saya juga mengkoordinir relawan-relawan yang ada di Yogja ini, jumlahnya ada 43," katanya. 

3. Jokowi bertemu AHY hingga bertemu Sultan Hamengkubuwono X di Jogja

PKB: Jokowi Mau Ganggu Suara AMIN di JogjaPresiden Jokowi dan Ketum Demokrat AHY bertemu di Yogya (Dok. Partai Demokrat)

Sebagai informasi, Jokowi menghabiskan akhir pekan di Yogjakarta sekaligus menyapa warga setempat. Namun, kunjungan Jokowi kali ini mendapatkan sorotan karena dilakukan bertepatan dengan rencana kegiatan capres dan cawapres di luar 02.

Jokowi dan putra bungsunya yang merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep sempat bermain bola bersama di lapangan Sumenep, Yogyakarta pada Sabtu, 27 Januro 2024.

Setelah itu, ia menghabiskan malam minggu di Ambarrukmo Plaza (Amplaz). Jokowi tak sendiri, melainkan ditemani Kaesang Pangarep dan istri, Erina Gudono.

Selanjutnya, Jokowi bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di alun-alun utara Yogyakarta. Keduanya lalu sarapan di Rumah Makan Gudeg Yu Djum, Wijilan, Yogyakarta pada Minggu, 28 Januari 2024 pagi.

Kemudian Jokowi melanjutkan agendanya dengan bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di kompleks Keraton Yogyakarta.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Cak Imin Klaim Warga NU-Muhammadiyah Solid Menangkan AMIN di Jogja

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya