Surya Paloh-Jokowi Bertemu, Timnas AMIN: Koalisi Perubahan Solid

Timnas AMIN tunggu pernyataan resmi NasDem

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Billy David Nerotumilena memastikan Koalisi Perubahan masih solid usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dia menegaskan, pihaknya tidak gentar mengawal pemilu sampai tuntas.

Hal tersebut disampaikan Billy menanggapi jamuan makan malam yang dilakukan antara Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Kepresidenan pada Minggu (18/2/2024) sore.

"Tentu kami sangat menghormati hal tersebut (pertemuan Surya Paloh dan Jokowi). Koalisi Perubahan tetap solid dan mengawal proses pilpres sampai tuntas," kata Billy saat dihubungi jurnalis, Senin (19/2/2024).

Baca Juga: Mahfud MD Ogah Komentari Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh di Istana

1. Surya Paloh temui Jokowi terkait pemerintahan

Surya Paloh-Jokowi Bertemu, Timnas AMIN: Koalisi Perubahan SolidSurya Paloh saat melakukan pencoblosan di TPS 008, Kebayoran Lama pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Tino Satrio)

Pertemuan antara Surya Paloh dengan Jokowi, menurut Billy merupakan hal yang wajar karena saat ini partainya, NasDem masih berada di kabinet. Billy menilai Paloh menemui Jokowi di Istana Kepresidenan dalam rangka melakukan konsolidasi terkait pemerintahan.

NasDem memang masih berada di kabinet, meskipun pada Pemilu 2024 mencalonkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama PKB dan PKS.

"Konsolidasi antara Pak Anies dengan pak Surya Paloh adalah pertemuan dalam koalisi. Pertemuan antara pak Surya Paloh dan Pak Jokowi adalah pertemuan dalam koalisi pemerintahan," katanya.

Baca Juga: Makan Malam Surya Paloh-Jokowi, PKS Ungkap Hubungan Koalisi AMIN

2. Timnas AMIN tunggu pernyataan resmi NasDem

Surya Paloh-Jokowi Bertemu, Timnas AMIN: Koalisi Perubahan SolidCapres dan Cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bersama para pengasuh Ponpes Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. (IDN Times/Amir Faisol)

Billy mengatakan, Timnas AMIN meyakini bahwa Surya Paloh memiliki pertimbangan yang matang dengan tidak menyampaikan kepada publik terkait pertemuannya dengan Jokowi. 

Kendati demikian, Timnas AMIN menunggu pernyataan resmi dari Partai NasDem terkait hasil pertemuan Surya Paloh dan Jokowi yang berlangsung secara tertutup itu.

"Termasuk jika pertemuan Pak Anies dan Pak Surya Paloh ada pembahasan pertemuan semalam, kemudian tidak disampaikan ke publik, juga pasti penuh pertimbangan yang matang. Untuk hasil pertemuan semalam, kita tunggu pernyataan resmi dari NasDem," tuturnya.

3. Surya Paloh dan Jokowi bahas pemilu di Istana Kepresidenan

Surya Paloh-Jokowi Bertemu, Timnas AMIN: Koalisi Perubahan SolidEva/detikcom

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, pertemuan antara kedua tokoh tersebut berlangsung sekira satu jam. Ini menjadi kali pertama bagi Jokowi menerima Surya Paloh di Istana Merdeka usai Pemilu 2024.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu, Jokowi dan Surya Paloh membahas mengenai agenda kebangsaan, dinamika politik, termasuk pemilu.

"Silaturahmi membicarakan agenda kebangsaan, menghadapi berbagai tantangan global, termasuk hal-hal yang terkait dinamika politik dan pemilu," kata Ari.

Dia menjelaskan, Jokowi selalu menyampaikan bahwa silaturahmi dengan sejumlah tokoh politik merupakan hal yang baik. Terlebih, pertemuan itu bertujuan untuk kebaikan bangsa dan negara.

"Seperti yang disampaikan presiden beberapa waktu yang lalu, silaturahmi dengan tokoh bangsa, dengan tokoh politik sangat baik, apalagi untuk kebaikan bangsa dan negara," kata dia.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya