Kenapa Sih Indonesia Itu Selalu Punya Banyak Sampah?

Padahal bersih itu indah.

Berbicara tentang sampah, pasti sudah jadi hal klasik banget buat orang Indonesia. Nggak tahu apa yang salah tapi Indonesia terlihat sangat kesulitan menangani permasalahan sampah. Hal ini beda banget sama negara-negara maju seperti Swiss. Negara ini sudah terkenal sebagai negara bebas sampah di dunia. Selain Swiss, ada lagi beberapa negara seperti Finlandia, Norwegia, Swedia, dan Costa Rica.

Kenapa Sih Indonesia Itu Selalu Punya Banyak Sampah?Sumber Gambar: wallpaperweb.org

Beberapa hal yang ditekankan oleh negara-negara tersebut adalah pemahaman mengenai akibat membuang sampah. Hal ini didukung dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mengatur regulasi sampah, baik yang akan dibuang maupun diolah kembali.

Kenapa Sih Indonesia Itu Selalu Punya Banyak Sampah?Sumber Gambar: muhammadsoleh.blogspot.com

Pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai upaya untuk menjadikan Indonesia bebas sampah. Salah satunya adalah upaya pemilahan sampah organik dan anorganik. Pemerintah menyediakan tong sampah yang sudah dipilah sesuai jenisnya.

Kenapa Sih Indonesia Itu Selalu Punya Banyak Sampah?Sumber Gambar: tribunnews.com

Gimana pendapat kamu tentang usaha yang dilakukan pemerintah ini. Efisien atau enggak? Ada beberapa pihak yang setuju dengan upaya ini. Sri Sultan HB X selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan PerGub No. 21 tahun 2014. Peraturan ini salah satunya membahas mengenai tujuan pemilahan sampah yang dimaksudkan untuk mempermudah pengangkutan, Hal ini dimaksudkan agar pengangkutan sampah menjadi lebih teratur. Pemilahan harus dilakukan di sumber sampah seperti perumahan, sekolah, kantor, puskesmas, rumah sakit, pasar, terminal dan tempat-tempat dimana manusia beraktivitas.

Kenapa Sih Indonesia Itu Selalu Punya Banyak Sampah?Sumber Gambar: warungnasietong.wordpress.com

Tetapi masih ada beberapa pihak yang tidak mendukung aksi ini. Baik dari pemilik sampah bahkan petugas sampah. Beberapa dari oknum vital ini masih sering melakukan kesalahan dalam memilah sampah.

 

Jadi apalagi langkah yang harus dilakukan agar Indonesia bebas dari sampah? Berikan pendapatmu ya!

Topik:

Berita Terkini Lainnya