Bersaing dengan Ahmad Dhani, Politikus Demokrat Ini Lolos ke Senayan

Anggota Komisi IX DPR RI Lucy Kurniasari caleg petahana

Depok, IDN Times - Lucy Kurniasari kembali terpilih menjadi anggota DPR RI, usai memenangkan Pileg 2024 di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur I, meskipun bersaing dengan caleg ternama seperti Ahmad Dhani.

Politikus Partai Demokrat yang tinggal di Kota Depok ini akan melanjutkan kembali program yang sudah digulirkan di Komisi IX DPR RI.

Lucy mengaku bersyukur masyarakat Jawa Timur, khususnya wilayah Surabaya dan Sidoarjo, memilihnya kembali untuk mewakili Jawa Timur di DPR RI. Dia mampu bersaing memperebutkan kursi ke-10 dengan caleg lainnya.

“Iya, salah satu peserta Pileg lainnya Ahmad Dhani di dapil saya,” ujar Lucy, Depok, Senin (25/3/2024).

Baca Juga: Ahmad Dhani Lolos ke DPR, Raih Suara Lebih Tinggi dari Cucu Soekarno

1. Lucy Kurniasari mengaku harus melalui pemilu yang berat

Bersaing dengan Ahmad Dhani, Politikus Demokrat Ini Lolos ke SenayanAnggota Komisi IX DPR RI, Lucy Kurniasari saat melakukan kegiatan. (Istimewa)

Lucy berencana tetap berada di komisi yang sama dari periode sebelumnya, yakni Komisi IX DPR RI. Menurutnya, pemilu kali ini merupakan pemilu yang berat, berbeda dengan Pemilu 2019 yang sempat diikutinya.

“Alhamdulillah periode keempat ini, walaupun pemilu yang paling berat. Alhamdulillah syukuri saja,” tutur dia.

Lucy juga berencana melanjutkan kembali program sebelumnya yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan. Namun, masih banyak program yang harus disosialisasikan ke masyarakat.

“Masih harus dilanjutkan karena harus ada kesinambungan dari program yang sebelumnya,” kata dia.

2. Berikan bantuan kepada warga terdampak pandemik untuk bekerja

Bersaing dengan Ahmad Dhani, Politikus Demokrat Ini Lolos ke SenayanAnggota Komis IX DPR RI Lucy Kurniasari saat ditemui wartawan di kawasan Cinere, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Lucy memberikan salah satu contoh yakni program modal kerja masyarakat terdampak pandemik. Mereka yang memiliki keinginan bekerja namun tidak memiliki modal, dapat terbantu melalui program tersebut.

“Kami merumuskan satu program yang namanya program tenaga kerja mandiri, tadinya namanya program kerja mandiri ultramikro,” ungkap dia.

Lucy menjelaskan, program ketenagakerjaan mandiri memberikan bantuan kepada kelompok usaha yang membutuhkan modal. Satu kelompok tersebut terdapat 10 orang, dan program tersebut telah berjalan selama tiga tahun.

“Jadi manfaatnya sangat terasa sekali ketika masyarakat mendapatkan modal ini bermanfaat untuk usahanya. Jadi yang tadinya tidak bekerja dengan modal ini bisa menjalankan pekerjaannya,” katanya.

Tercatat dalam satu tahun khusus dapi Jawa Timur I, program ketenagakerjaan mandiri mampu membantu 1.200 orang. Setiap kelompok mendapatkan bantuan Rp20 juta untuk dijadikan usaha seperti warung kopi lesehan, kuliner, dan sejumlah manfaat lainnya.

“Persyaratannya harus digunakan untuk kepentingan usaha tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan pribadi,” tutur Lucy.

Baca Juga: Dapil Jabar VII: Dedi, Syaikhu, Syaiful Huda, hingga Verrel Lolos

3. Komisi IX DPR RI bantu Rp1 miliar untuk pengembangan pesantren

Bersaing dengan Ahmad Dhani, Politikus Demokrat Ini Lolos ke SenayanAnggota Komisi IX DPR RI, Lucy Kurniasari saat bersilahturahmi dengan DPC Partai Demokrat Depok. (IDNTimes/Dicky)

Selain itu, Komisi IX DPR RI turut memberikan bantuan pengembangan kemampuan pesantren atau balai pelatihan komunitas pesantren. Nantinya setiap pesantren akan dilatih untuk memiliki kemampuan usaha, sehingga saat santri lulus dari pesantren memiliki kemampuan bersaing di dunia usaha.

“Kita ingin lulusan pesantren sama dengan lulusan umum, jadi kami memberian bantuan satu pesantren sebanyak Rp1 miliar,” kata Lucy.

Adapun anggaran tersebut hanya dapat digunakan untuk pembangunan gedung pelatihan dan pengembangan kemampuan santri, peralatan pelatihan, biaya instruktur pelatihan dan pengembangan. Anggaran tersebut tidak boleh digunakan atas nama pribadi, namun harus digunakan yayasan dan dipertanggung jawabkan.

“Dalam satu tahun bisa enam titik yang diberikan bantuan,” tutup Lucy.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya