Comscore Tracker

Cerita Ketua RW di Bogor Antar Warga Vaksinasi, Terbaik Nih!

Patut ditiru buat pengurus lingkungan

Depok, IDN Times - Belum meratanya distribusi vaksin COVID-19 di daerah, membuat pengurus lingkungan RT bergerak membantu warganya mendapatkan vaksin. Seperti pengurus lingkungan RW 21 Kampung Kedep, Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, rela mengantar warga ke lokasi vaksinasi yang digelar TNI bersama Jasa Marga di Tol Jagorawi.

Ketua RW 21 Desa Tlajung Udik, Wadi, mengatakan vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan COVID-19 di masyarakat. Mengingat pentingnya vaksinasi, sebagai pengurus lingkungan ia mengajak warga untuk memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi yang digelar TNI bersama Jasamarga.

"Bagi orang seperti saya, kegiatan vaksinasi ini sangat membantu. Apalagi kami bingung mendapatkan vaksin," kata Wadi saat ditemui di Gerbang Tol Cimanggis Utama KM 18, Depok, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Cara Ikut Vaksinasi COVID-19 Drive Thru di Tol Jagorawi Mulai Hari Ini

1. Sehari mengantar warga paling sedikit sembilan orang

Cerita Ketua RW di Bogor Antar Warga Vaksinasi, Terbaik Nih!Pengurus RW Kampung Dedep saat membawa warganya mengikuti vaksinasi drive thru di Tol Jagorawi, Kota Depok. (Istimewa)

Untuk memudahkan warganya mendapatkan vaksinasi dan mendaftar vaksinasi drive thru tersebut, Wadi menyediakan mobil ambulans untuk mengantarkan mereka. Wadi rela menyetir kendaraan tersebut dengan jarak puluhan kilometer dari kampungnya.

"Saya sudah tiga hari berturut-turut ke sini, setiap harinya dua kali pulang pergi," ujar Wadi.

Paling sedikit, Wadi mengantar warganya sebanyak sembilan orang dalam sehari. "Saya sengaja pakai ambulans untuk mengakomodir warga. Setiap hari paling sedikit sembilan orang saya bawa," sambung dia.

2. Kuota vaksin di daerah terbatas

Cerita Ketua RW di Bogor Antar Warga Vaksinasi, Terbaik Nih!Warga Kampung Dedep menggunakan ambulance untuk mengikuti vaksinasi drive thru di gerbang tol Cimanggis, Kota Depok. (Istimewa)

Sebagai pengurus lingkungan, Wadi mengajak warganya untuk memanfaatkan setiap pelaksanaan vaksinasi dari pemerintah. Karena kuota vaksin di daerah menurutnya terbatas.

"Kuota vaksin yang tersedia di daerahnya sangat terbatas, kami merasa bersyukur ada kesempatan vaksin di tol seperti ini," kata dia.

Wadi menuturkan, di kampungnya masih banyak masyarakat yang belum  vaksinasi. Ia berharap pemerintah pusat memberikan kuota lebih banyak lagi untuk warga di kampungnya agar semua waraganya dapat vaksinasi.

"Masih banyak warga yang belum divaksin. Saya sangat berharap bisa membawa banyak warga agar bisa divaksin," ucap dia.

3. Butuh tambahan petugas keamanan

Cerita Ketua RW di Bogor Antar Warga Vaksinasi, Terbaik Nih!Kendaraan ambulance yang digunakan pengurus RW di Kampung Dedep, Kabupaten Bogor untuk mengikuti vaksinasi drive thru di gerbang tol Cimanggis, Kota Depok. (Istimewa)

Sementara, Koordinator vaksinasi di Rest Area KM 18, Pelda Eko Prasetyo, mengatakan banyak pengurus RT maupun RW mengajak warganya mengikuti vaksinasi drive thru ini. Ia mengapresiasi dan bangga kepada pengurus lingkungan yang peduli kesehatan warganya.

"Kegiatan ini sudah dimulai sejak 1 September hingga 30 September. Selama 10 hari pelaksanaan, warga sangat antusias dan beberapa pengurus lingkungan memfasilitasi warganya datang ke KM 18," ujar Eko.

Sementara, dari pantauan di lokasi vaksinasi, Rabu (22/9/2021), antrean kendaraan tampak padat merayap. Terlihat sejumlah petugas membantu pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi antrean panjang. Vaksinasi ini merupakan kerja sama Mabes TNI dengan Jasa Marga. 

"Kegiatan akan terus dilaksanakan hingga 30 September mendatang, untuk tim saat ini kita membutuhkan adanya penambahan petugas keamanan, pengatur lalu lintas. Mengingat antusias warga sangat tinggi," kata Eko.

Baca Juga: Vaksinasi Drive Thru Rest Area KM 21 Tol Jagorawi Dibanjiri Peserta

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya