Comscore Tracker

Dari Oky Asokawati hingga Manohara Pinot, NasDem 'Banjir' Caleg Artis

Salah satu strategi partai katanya

Jakarta, IDN Times - Popularitas para artis Tanah Air nampaknya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar partai politik (parpol) untuk bisa mengusung para publik figur tersebut untuk mau mengikuti kontestasi politik baik Pilkada maupun Pileg.

Sederet nama selebritis dikabarkan telah mencalonkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di berbagai macam parpol tak terkecuali di partai NasDem yang didirikan oleh pengusaha asal Aceh Surya Paloh.

1. NasDem akui banyak artis nyaleg di partainya

Dari Oky Asokawati hingga Manohara Pinot, NasDem 'Banjir' Caleg ArtisIDN Times/Margith Juita Damanik

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Jhonny G Plate mengakui banyaknya artis yang mendaftarkan diri di partainya. Puluhan artis tersebut telah terdaftar melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU RI.

“Ada banyak sekali berapa puluh saya tidak hafal berapa persisnya, ada Ibu Oki Asokawati, ada Manohara Pinot, ada Kristina ada banyak sekali nggak hafal saya satu-satu,” ujar Jhonny di kantor KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/7).

Baca juga: Targetkan 100 Wakil Rakyat di DPR, Nasdem Daftarkan 20.391 Caleg

2. Melibatkan artis adalah salah satu strategi partai NasDem

Dari Oky Asokawati hingga Manohara Pinot, NasDem 'Banjir' Caleg ArtisIDN Times/Margith Juita Damanik

Diakui Johnny, keterlibatan artis di dalam Pileg 2019 mendatang memang salah satu strategi partainya untuk meraih suara, namun tidak hanya soal popularitas, ia juga menambhkan para artis tersebut juga memiliki kredibilitas dan kemampuan yang mumpuni sebagai wakil rakyat.

“Kalau startegi itu macem-macem, termasuk strategi artis. Ya artis ini kan tidak saja keterkenalannya juga, artis punya popularitas yang tinggi kita akui itu,” terang Jhonny.

“Dari keterkenalan tinggi itu tentu perlu ada kerja politik, supaya menjadi basis elektoral, setelah basis elektoral perlu juga ada kerja politik sehingga ia punya basis elektabilitas. Setelah punya basis elektabilitas masih perlu juga kerja-kerja politik supaya terpilih di TPS dan masih panjang,” sambung Jhonny.

3. Bukan hanya artis, profesi lain juga banyak yang mendaftar sebagai caleg

Dari Oky Asokawati hingga Manohara Pinot, NasDem 'Banjir' Caleg ArtisIDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Ia juga menjelaskan, partainya tidak hanya merekrut artis tapi juga dari kalangan profesi lain yang memang dibutuhkan untuk mengisi masing-masing komisi di kursi legislatif.

“Tadi sudah saya sampaikan profesi-profesinya ada memang politisi-politisi, ya ada dari profesi budaya dan seni, ada dari profesi olahraga, ada bankers, lawyers, jurnalis. Kita membutuhkan saluran politik dari orang-orang yang kompeten di bidangnya dan profesinya masing-masing,” ungkapnya.

4. NasDem berikan bekal pendidikan politik kepada para bacaleg

Dari Oky Asokawati hingga Manohara Pinot, NasDem 'Banjir' Caleg ArtisIDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Lebih jauh, NasDem sendiri menurut Jhonny telah membekali para bacaleg dari partainya dengan melakukan pendidikan politik melalui akademi bela negara NasDem yang dibuka oleh Presiden Jokowi.

“Itu adalah bagian dari pendidikan pengkaderisasi politik, tadi kuliah perdananya dilakukan oleh bapak presiden dan pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada bapak presiden yang ikut serta mendorong kaderisasi partai politik (NasDem),” terangnya.

Seperti diketahui, dari 575 bakal calon anggota DPR RI beberapa artis siap maju di Pileg 2019 melalui partai NasDem, di antaranya Nafa Urbach, Chris Jhon, Okky Asokawati, Krisna Mukti, Lucky Hakim, Manohara Pinot, Kristina, Adly Fayruz, Bertrand Antolin, Sahrul Gunawan, dan Lucky Perdana.

Baca juga: Begini Alasan Nafa Urbach Gabung Jadi Caleg Partai Nasdem

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You