Profil Komeng, Pelawak yang Jadi Senator Terpopuler

Komeng total mengumpulkan 5.399.699 suara di Pemilu 2024

Jakarta IDN Times - Artis komedian Komeng yang terkenal dengan jargon “Uhuy” sukses meraup jutaan suara pemilih di Jawa Barat, yang mengantarnya menuju kursi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Romen yang lahir di Jakarta pada 25 Agustus 1970, memiliki nama asli Alfiansyah Bustami. 

Pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu, sang pelawak menggunakan nama Alfiansyah Komeng di kertas suaranya. Sehingga membuat pemilih langsung mengenalnya saat membuka kerta suara DPD RI. 

Menggunakan nama Komeng dan foto yang sangat unik, pelawak kenamaan itu pun berhasil mengantongi suara tertinggi di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat, yakni 5.399.699 suara. Komeng menjadi calon senator yang memperoleh suara terbanyak. Berikut profil Komeng, komedian yang tembus ke Senayan.

Baca Juga: Sah! Komeng Jadi Senator Jabar dengan Suara Tertinggi, Tembus 5,3 Juta

1. Profil Komeng

Profil Komeng, Pelawak yang Jadi Senator Terpopulerpotret komedian Komeng (instagram.com/komeng.original)

Menjelang Pemilu 2024, Komeng mengganti namanya dari Alfiansyah Bustami menjadi Alfiansyah Komeng. Ia mengganti namanya di pengadilan karena menyadari popularitas nama panggungnya itu. 

Komeng lahir pada 25 Agustus 1970 di Jakarta, beragama Islam, dan sudah bergelar haji. Istrinya bernama Aprilliana Indra Dewi. Keduanya menikah sejak 1999 dan telah dikaruniai tiga anak yaitu si kembar Bagus Athallah Aldi dan Ganteng Maritza Aldi, serta Cantika Alhayu Aldi yang sudah meninggal pada 2016. 

Pengikut media sosial Instagram @komeng.original, dapat melihat potret sang komedian dengan keluarganya. Ada juga potret kebersamaannya dengan rekannya, Daus Mini. Selain itu, ia juga sering memposting beragam iklannya.

2. Pendidikan dan karier Komeng

Profil Komeng, Pelawak yang Jadi Senator Terpopulerrespons Komeng trending gara-gara foto surat suara (x.com/kegblgnunfaedh)

Komeng diketahui menjalani pendidikan dasarnya di SD Negeri 4 Citeureup, Bogor pada 1976 dan lulus pada 1983. Lalu, ia lanjut ke SMP di Taman Siswa Jakarta dan lulus pada 1989. Kemudian, SMA di sekolah swasta Taman Madya IV dan lulus pada 1989.

Komeng diketahui sempat menempuh pendidikan di Akademi Bisnis Indonesia pada 1990, namun tidak ditamatkan. Tapi, ia masih bertekad untuk mendapatkan gelar S1 walaupun sudah sukses di bidang hiburan. Pada April 2018, Komeng pun berhasil mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana Bekasi. 

Komeng memulai kariernya di dunia hiburan sebagai komedian di kelompok lawak Diamor yang beranggota Rudi Sipit, Mamo, dan Jarwo Kwat. Bersama mereka, Komeng membintangi serial komedi berjudul Kompor Diamor pada 1991. 

Masyarakat mulai mengenal suara Komeng setelah dia menjadi penyiar Radio SK Jakarta pada 1993 sampai 1996. Kariernya pun semakin terang setelah memandu program Spontan yang melahirkan kata“Spontan, Uhuy!”

Secara total terhitung Komeng sudah tampil di 76 acara televisi sejak 1990 - 2024, antara lain Akal-akalan (1996), Otak - Otak Kuda (1996), Malioboro (1996), Putri Duyung (2001), Lola Liliput (2002), Pesbukers (2024), dan Pengen Beken (2024). 

Adapun film yang dibintanginya yakni Kungfu Komeng (2002), Anda Puas, Saya Loyo (2008), dan Mau Dong Ah (2009). Ia juga pernah menjadi bintang iklan sepeda motor bersama Valentino Rossi. 

Komedian spontan ini juga sering terlibat di ragam organisasi seperti Tenaga Sukarela (TSR) Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kabupaten Bogor. Dari situ ia sempat menjadi bagian dari PMI di Komando Pasukan Pelawak (Koplak) dan pernah membantu penanganan bencana tsunami Selat Sunda dan gempa Cianjur. 

Dalam bidang politik, Komeng baru pertama kali menjadi caleg pada Pemilu 2024, yang langsung mengantarnya menjadi anggota DPD Dapil Jawa Barat periode 2024-2029.

3. Komeng maju sebagai caleg independen di Pemilu 2024

Profil Komeng, Pelawak yang Jadi Senator TerpopulerPotret Lawas Pernikahan Komeng dan Indra Dewi (instagram.com/indradewi2242)

Komeng berhasil meraih suara terbanyak dalam Pemilu 2024 tanpa berafiliasi dengan partai politik mana pun alias menjadi caleg independen. 

Adapun Dapil Jawa Barat meliputi 29 wilayah yakni Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan Cirebon, Majalengka, Sumedang, Indramayu,Subang, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Bandung Barat, Pangandaran, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung Kota Cirebon, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, dan Kota Banjar. 

Komeng bersaing dengan 53 caleg lainnya di Jawa Barat dan berhasil meraih suara terbanyak yakni 5.399.699. Perolehan suara ini sangat jauh dari caleg lainnya seperti Annya Rina Casmayanti yang hanya berhasil mengantongi 1.976.561 suara, lalu Jihan Fahira dengan 1.823.907 suara, dan Agita Nurfianti dengan 1.168.837 suara.

Untuk profil terkini caleg-caleg yang lolos pada Pemilu 2024 atau berita terkini lainnya hanya di IDN Times.

Topik:

  • Sunariyah
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya