CISDI: Debat Capres Kelima Tak Tajam Masuk Akar Permasalahan Kesehatan

Debat capres kelima berlangsung kolaboratif

Jakarta, IDN Times - CEO and Founder Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI), Diah Satyani Saminarsih, mengatakan secara keseluruhan debat capres-cawapres kelima Pemilu 2024, Minggu (4/1/2024) malam, tidak ada yang secara spesifik membahas ke akar permasalahan kesehatan.

“Secara keseluruhan, menurut saya seperti yang saya sampaikan di awal tidak ada yang secara tajam menukik masuk ke akar permasalahan dari bidang ke saya di bidang kesehatan,” kata dia dalam acara Talkshow dan Nobar Debat Kelima Capres-Cawapres 2024 by IDN Times kerja sama dengan Bijak Memilih, Minggu (4/2/2024).

" Tidak disebut penanganan pandemic, hubungannya dengan kenapa mandatory spending harus kembali, penggunaan instrumen cukai, sistem kesehatan, pelayanan kesehatan primer jadi sebutan dokter yang harus ditambah tetapi sistem kesehatan yang ada di tingkat primer di mana itu mudah terjangkau oleh publik transformasinya tidak diulas lebih jauh," sambungnya.

Diah mengatakan, jika berbicara sistem kesehatan yang berpusat pada masyarakat yang dibahas dalam debat secara spesifik adalah perempuan. Karena perempuan memang menghadapi situasi yang kompleks dalam kehidupan sehari-hari.

Diah mengatakan kondisi kesehatan yang ada tak dapat diselesaikan sesederhana dengan penambahan dokter, tapi lebih pada sistem kesehatan dan perbaikan tata kelola.

“Sebenarnya penyelesaiannya tidak sesederhana dengan penambahan dokter, tetapi lebih keras sistem kesehatan dan perbaikan tata kelola kesehatan secara umum yang membutuhkan balik lagi anggaran di tingkat pusat maupun di tingkat nasional,” kata dia.

Dia juga menyoroti tak adanya pembahasan persimpangan soal kesehatan dan isu lain. Contohnya terkait iklim dan dampaknya pada manusia.

“Saya sarankan sebelum memilih, membaca kajian yang telah diulas oleh cisdi secara mendalam dan mencari banyak referensi lain,” kata dia

Baca Juga: Anies dan Prabowo Lebih Akur di Debat Terakhir Pilpres 2024

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya