Comscore Tracker

Subsidi Internet Program Kuota Belajar Gelombang Kedua September Cair!

Pastikan nomormu terdaftar dan menerima subsidi ya guys

Jakarta, IDN Times - Penyaluran subsidi kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi guru, siswa, dosen dan mahasiswa memasuki gelombang kedua bulan September hari ini, Senin (28/9/2020). Kemendikbud membagikan kuota internet dalam dua gelombang setiap bulannya dalam program Kuota Belajar.

"Setiap bulan bukan hanya ada satu kesempatan, tapi ada dua kesempatan per bulannya untuk mengoreksi nomor tersebut agar dipastikan nomor tersebut akurat dan aktif," ujar Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam konferesi pers daring yang disiarkan di kanal YouTube Kemendikbud RI, Jumat, 25 September 2020.

1. Pembagian bulan September memasuki gelombang kedua

Subsidi Internet Program Kuota Belajar Gelombang Kedua September Cair!Mendikbud Nadiem Makarim (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Pembagian subsidi Kuota Belajar September ini gelombang kedua dimulai pada 28 September hingga 30 September 2020. Gelombang pertama sudah terlaksana pekan lalu, 22-24 September 2020. 

Nadiem dua tahap pemberian subsidi kuota berguna untuk perbaikan data. "Jadinya jika di tahap satu ada nomor-nomor yang mungkin tidak aktif atau salah input, bisa dikoreksi untuk tahap kedua di bulan itu," ujar dia dalam konferensi pers yang sama.

"Jadinya jangan khawatir walaupun itu dikirim bersamaan itu akan valid selama 2 bulan kedepannya," sambung Mendikbud. Nadiem juga mengingatkan bahwa penerima bantuan hanya dapat menerima kuota data internet untuk satu nomor ponsel setiap bulannya.

Baca Juga: Begini Cara Dapat Paket Kuota Belajar 10 GB Bayar Rp10 dari Telkomsel

2. Ini yang bisa dilakukan kalau belum dapat Kuota Belajar di gelombang pertama

Subsidi Internet Program Kuota Belajar Gelombang Kedua September Cair!Ilustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Nadiem menegaskan agar kamu tidak perlu khawatir jika belum menerima subsidi kuota internet di gelombang pertama. Jika demikian, kamu bisa melapor ke kepala satuan pendidikan, baik kepala sekolah maupun rektor.

"Kalau masih belum menerima bantuan kuota tahap pertama adalah untuk segera melapor kepada pimpinan satuan pendidikan dan juga operator sekolah yang ada. Karena mereka adalah yang bertanggung jawab untuk akurasi nomor-nomor tersebut," kata Nadiem.

Kepala satuan pendidikan dan operator sekolah, menurut Nadiem, memiliki kewajiban untuk melakukan pengecekan sebelum dilihat operator Telkom, apakah nomor yang didaftarkan aktif atau tidak.

Dia mengingatkan penyaluran subsidi kuota internet akan dilakukan secara bertahap. "Bahkan, setiap bulan ada dua tahap yang bisa dilakukan dan saat diberikan masa berlaku terhitung sejak bantuan kuota belajar diterima," ujar pria yang akrab disapa Mas Menteri itu.

3. Jadwal pembagian subsidi kuota Kemendikbud

Subsidi Internet Program Kuota Belajar Gelombang Kedua September Cair!Jadwal Penyaluran dan Masa Berlaku Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbud (IDN Times/Arief Rahmat)

Subsidi kuota internet dari Kemendikbud akan dibagi selama empat bulan yang didistribusikan sebanyak tiga kali. Tiap tahapan akan dilakukan dalam dua gelombang.

Kuota di bulan pertama dan kedua akan berlaku selama 30 hari sedangkan bulan ketiga dan keempat berlaku selama 75 hari sejak kuota diterima nomor ponsel. Setiap penerima bantuan hanya dapat menerima bantuan kuota internet untuk satu unit nomor ponsel setiap bulannya.

Berikut jadwal penyaluran kuota data internet Kemendikbud:

Bulan Pertama
- Tahap I pada tanggal 22-24 September 2020
- Tahap II pada tanggal 28-30 September 2020

Bulan Kedua
- Tahap I pada tanggal 22-24 Oktober 2020
- Tahap II pada tanggal 28-30 Oktober 2020

Bulan Ketiga dan Keempat (dikirim bersamaan)
- Tahap I pada tanggal 22-24 November 2020
- Tahap II pada tanggal 28-30 November 2020

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya