Comscore Tracker

Bangkitkan Olahraga Nasional, Menpora Dukung Peningkatan Sport Science

Olahraga tak bisa dilepaskan dari dukungan sport science

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa melalui olahraga kita dapat membentuk masyarakat yang sehat, membentuk sportivitas individu, komunitas dan masyarakat, serta meningkatkan produktivitas suatu bangsa.

Di era sekarang, olahraga tidak bisa dilepaskan dengan dukungan penuh sport science yang secara universal dapat diterapkan semua negara. Sport science mampu mengukur secara teknologi tentang  pengembangan jiwa kejujuran dan rasa kebersamaan antar sesama. 

"Kejujuran sangat diperlukan dalam perkembangan bangsa Indonesia sebagai negara berkembang. Pendidikan jasmani mengajarkan tentang kesadaran lingkungan hidup, melestarikan nilai-nilai kehidupan yang selalu dibutuhkan manusia. Pendidikan jasmani berperan dalam membentuk jiwa nasionalisme dan kepribadian bangsa Indonesia yang cinta Tanah Air sesuai dengan falsafah Pancasila yang dituangkan dalam Sumpah Pemuda," ujar Menpora Amali saat menjadi Keynote Speaker 6th International Conference of Physical Education and Sport Science (ICPESS) Tahun 2021 yang diselenggarakan Universitas Negeri Jakarta, Kamis (10/6/2021) pagi.

Menpora menilai acara tersebut bentuk dukungan terhadap proses menuju tatanan kehidupan baru (new normal) dalam rangka kebangkitan olahraga nasional guna meraih prestasi dunia.

1. Olahraga merupakan produk sosial dan budaya yang memiliki makna nyata

Bangkitkan Olahraga Nasional, Menpora Dukung Peningkatan Sport Scienceilustrasi olahraga di gym (IDN Times/Mardya Shakti)

Menpora Amali mengatakan, berbicara olahraga, semua harus berpikir bahwa itu merupakan hal penting. Olahraga merupakan sebuah upaya untuk dapat menyehatkan kehidupan bermasyarakat yang merupakan fenomena sosial budaya dan perlu dibiasakan, dipelajari dan dipahami. 

Hal itu karena olahraga merupakan produk sosial dan budaya yang memiliki makna nyata bagi individu, komunitas, dan masyarakat. 

Baca Juga: Kemenpora Cari Atlet Junior, 400 Pelajar di Konawe Utara Ikut Seleksi

2. Kemenpora dukung penyelenggaraan The 6th Virtual International Conference of Physical Education and Sport Science

Bangkitkan Olahraga Nasional, Menpora Dukung Peningkatan Sport ScienceMenpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Pada akhirnya, mengingat pentingnya peran sportivitas dalam kehidupan yang akan berdampak pada pembinaan olahraga yang melibatkan seluruh komponen bangsa, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyambut baik dan menyatakan dukungan sepenuhnya penyelenggaraan The 6th Virtual International Conference of Physical Education and Sport Science dengan tema ‘Active Living through Exercise and Sport Science: Future Trend for Global Creativity and Sustainability’.

"Saya berharap kegiatan besar ini tidak hanya merupakan pelaksanaan konferensi, tapi juga akan menghasilkan beberapa pemikiran yang sudah disepakati oleh para ahli dunia dalam bidang sport science dalam rangka mengolahragakan masyarakat sehingga kebijakan yang akan diambil dan diimplementasikan oleh Kemenpora ke depan sudah berdasarkan hasil kajian para ahli Pendidikan Jasmani," ujar Menpora.

3. Konferensi diisi paparan narasumber yang berkompeten di bidang sport science

Bangkitkan Olahraga Nasional, Menpora Dukung Peningkatan Sport ScienceIlustrasi olahraga (IDN Times/Mardya Shakti)

Konferensi tersebut dihelat dari 10-13 Juni, diikuti dari berbagai negara dan diisi paparan para narasumber yang sangat berkompeten di bidang sport science. Acara ini juga dihadiri ICPEES Founder and President, The Foundation for Global Community Health, Mr. Ming-kai Chin. Selain itu, dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rektor Universitas Negeri Jakarta Komarudin, Direktur Pascasarjana UNJ Nadiroh.

"Terima kasih telah diundang dan diberi kesempatan menyampaikan yang pertama, juga kami sampaikan terima kasih kepada semua keynote speaker, dan semua narasumber dari seluruh penjuru dunia yang ahli dalam sport science yang telah meluangkan waktu dan pemikirannya sehingga konferensi ini dapat terjadi dengan pembahasan secara akademik," pungkas Menpora Amali. (WEB)

Baca Juga: Tingkatkan Pembinaan Atlet, Kemenpora Gelar Diseminasi Iptek Olahraga

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya