Profil Uya Kuya, 'Raja Gimik' yang Lolos Jadi Anggota DPR 

Uya Kuya ungguli suara di dapil neraka DKI 2

Jakarta, IDN Times - Selebritas Uya Kuya berhasil lolos menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) periode 2024-2029 lewat daerah pilihan (dapil) neraka DKI Jakarta II.

Artis dan presenter dengan dua juta pengikut di Instagram ini telah melanggeng di berbagai acara televisi sejak awal tahun 2000-an. 

Sebagai pendatang baru di dunia politik, Uya Kuya berhasil meraih 81.463 suara melalui partai pengusung Partai Amanat Nasional (PAN). Dukungannya bahkan unggul dan masuk dalam 5 besar caleg dengan suara terbanyak di Dapil DKI Jakarta II.

Sementara sang istri, Astrid Kuya, juga lolos sebagai anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta dapil Jakarta VII lewat partai yang sama.

Baca Juga: Profil Todung Mulya Lubis, Pimpin 74 Advokat untuk Kawal Sidang PHPU  

1. Profil Uya Kuya

Profil Uya Kuya, 'Raja Gimik' yang Lolos Jadi Anggota DPR Uya Kuya (instagram.com/king_uyakuya)

Surya Utama alias Uya Kuya, lahir pada 4 April 1975 di Bandung dari pasangan Nararya Sutrasna dan Yuanita.

Menikah dengan model Astrid Khairunisha pada 17 Mei 2003 silam, Uya Kuya dikaruniai dua orang anak yang bernama Cinta Rahmania Putri Khairunnisha alias Cinta Kuya dan Sydney Agusto Putra Utama atau Nino Kuya.

Uya Kuya dikenal sebagai seorang presenter, penyiar radio, penyanyi, rapper, aktor, dan anggota grup vokal Tofu Reunion. Selama 23 tahun berkarier, Uya Kuya memutuskan terjun ke dunia politik dengan para artis lain di partai biru PAN.

2. Pendidikan dan karier Uya Kuya

Profil Uya Kuya, 'Raja Gimik' yang Lolos Jadi Anggota DPR (instagram.com/king_uyakuya)

Sebelum memasuki dunia pertelevisian, Uya Kuya memulai kariernya dengan mengikuti Festival Tenda Mangkal Prambors, di mana ia berhasil meraih kemenangan dalam kategori Akapela. Prestasinya membawanya memasuki dunia penyiaran sebagai seorang presenter radio.

Sementara masih menjadi mahasiswa Ilmu Politik di Universitas Indonesia, Uya aktif dalam mendirikan sebuah grup vokal akapela yang diberi nama MT Voices pada 1999.

Namun, pada 2003, dia memutuskan untuk bersolo karier dan mulai bermain film "Cinta 24 Karat" bersama Rena Tabitha, Ivan Gunawan, dan Indra Bekti. Setelah itu, dia juga terlibat dalam berbagai film dan menjadi produser serta pencipta lagu film drama komedi tersebut.

Uya juga dikenal sebagai pembawa acara televisi dengan acara-acara seperti Playboy Kabel, Ketok Pintu, dan Hari Yang Aneh. Kesuksesannya mencapai puncaknya pada acara Uya Emang Kuya yang memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Reality Show Terbaik di Panasonic Gobel Awards pada 2011 dan 2012.

Sebagai presenter, Uya telah meraih beberapa penghargaan, termasuk Pembawa Acara Realitas Terfavorit di Panasonic Gobel Awards 2010 dan 2011, serta beberapa penghargaan lainnya.

Bahkan hingga 2017, dia masih aktif dalam industri televisi dengan acara seperti Rumah Uya yang juga meraih beberapa penghargaan, termasuk Program Talkshow Terfavorit di Panasonic Gobel Awards 2017. Kini, Uya mulai merambah ke platform Youtube dengan konten khas hiburannya.

Baca Juga: Profil Komeng, Pelawak yang Jadi Senator Terpopuler

3. Uya Kuya dan istri sukses melangkah jadi anggota dewan

Profil Uya Kuya, 'Raja Gimik' yang Lolos Jadi Anggota DPR Uya Kuya, Putri Zulhas, dan Astrid Kuya (IDN Times/Istimewa).

Uya Kuya menunjukkan keberhasilan reputasinya di dunia politik. Dengan perolehan suara sebanyak 81.463 suara, Uya Kuya berhasil mengungguli caleg lain yang juga berasal dari partai yang sama dengannya.

Menjadi lima besar caleg dengan suara terbanyak di DKI Jakarta II, Uya Kuya bersanding dengan nama besar seperti Once Mekel, Masinton Pasaribu, hingga petahana Eriko Sitarduga di dapil neraka.

Berdasar sainte league, Uya Kuya akan duduk di Senayan bersama dengan Ida Fauziah, Himmatul Aliya, Once Mekel, Abraham Sridjaja, Hidayat Nur Wahid, dan Kurniasih Mufidayati.

Di sisi lain, sang istrinya Astrid Kuya bertarung untuk mendapatkan kursi di DPRD Provinsi DKI Jakarta melalui PAN dan bertarung di Dapil DKI Jakarta VII.

Astrid sukses mendapatkan 13.409 dukungan. Suara yang diperoleh Astrid merupakan yang tertinggi di antara sepuluh calon legislatif PAN lainnya di dapil yang sama.
 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya