Ada Niat Mundur, Ini Alasan Mahfud Belum Kirim Surat Resign ke Jokowi

Mahfud menunggu momentum tepat

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD mengaku punya niatan untuk mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Meski demikian, Mahfud belum mengirimkan surat pengunduran diri ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Mahfud mengatakan, masih menunggu momentum dan waktu yang tepat dirinya melepas jabatan Menko Polhukam.

"Tapi, kenapa itu tidak dilakukan sekarang, karena begini, satu menurut aturan, itu tidak dilarang, dulu yang tidak dilarang itu, menteri, pejabat-pejabat pusat, tapi menjelang pilpres kemarin ditambah lagi aturannyua bahkan wali kota pun tidak harus mundur, padahal itu aturan yang lama menteri dan pejabat tidak harus mundur, tidak apa," ujar Mahfud dalam acara Tabrak Prof! yang disiarkan di kanal YouTube Mahfud MD Official, Selasa (23/1/2024).

Mahfud mengatakan, dirinya juga ingin memberi contoh kepada lawan politiknya yang juga ada menjabat sebagai menteri, untuk tidak menggunakan fasilitas negara ketika berkampanye.

"Kedua, saya juga ingin memberi contoh kalau saya ini menjadi calon wakil presiden, apakah saya masih menggunakan kedudukan saya untuk memanfaaatkan fasilitas negara atau tidak, ini saya sudah tiga bulan saya lakukan, saya tidak pernah menggunakan fasilitas negara, saya masih berkantor di Polhukam secara rutin, semua tugas-tugas, surat-surat masuk pasti selesai tidak kurang dari seminggu," kata dia.

Mahfud juga meminta kepada pemerintah dan pejabat daerah untuk tidak menjemput dan memberikan fasilitas apabila dirinya berkunjung ke wilayah saat masa kampanye.

"Maksud saya ini agar ditiru oleh yang lain, calon presiden calon wakil presidenjangan mau dijemput pejabat daerah, jangan mau diantar, didampingi, hanya minta pengamanan saja kepada polisi," kata dia.

Mahfud mengaku, saat ini masih menyelesaikan beberapa tugasnya di Kemenko Polhukam. Sehingga, tugas yang telah disusunnya tidak berubah selepas tak menjabat lagi.

"Oleh sebab itu, saya bilang percontohan saya, tinggal tunggu momentum karena ada sejumlah tugas negara yang harus saya jaga jangan sampai kacau harus saya jaga dalam rangka transisi dan saya menghormati presiden jokowi yang mengangkat saya 4,5 tahun lalu harus saya jaga tugas negara," kata dia.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Bakal Mundur Dari Kabinet Jokowi, Tunggu Saat Tepat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya