Ganjar Pilih di Luar Pemerintah daripada Gabung Kabinet Prabowo-Gibran

Ganjar minta Prabowo-Gibran siap dikritik

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku akan berada di luar pemerintahan pada periode 2024-2029. Dia mengaku, tak akan bergabung di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Saya sampaikan terima kasih, lebih baik diberikan kepada pemenang untuk sebebas-bebasnya memilih dan jauh lebih baik kalau kelompok yang sudah mendukung itu yang diutamakan bukan saya, tidak fair. Kalau saya berada di luar mungkin itu jauh lebih baik karena check and balance pasti akan terjadi dan lebih banyak yang hebat di kelompoknya masing-masing apalagi kalau kita lihat banyak sekali tim atau partai politik yang mendukung paslon, pasti juga punya harapan,” ujar Ganjar dalam keterangannya, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: Tim Hukum Ganjar-Mahfud Siapkan 30 Saksi dan 10 Ahli

1. Ganjar bebaskan pemenang Pilpres 2024 tentukan kabinetnya sendiri

Ganjar Pilih di Luar Pemerintah daripada Gabung Kabinet Prabowo-GibranCalon Presiden Ganjar Pranowo nongkrong bareng Slank dan Slankers di Taman Budaya Semarang, Jawa Tengah (IDN Times/Aryodamar)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu membebaskan pemenang Pilpres 2024 menentukan kabinetnya sendiri. Ganjar mengaku, tak akan ikut campur.

“Saya bilang kepada relawan, ayo politik bisa agung kalau kita punya integritas yang tinggi, punya niat baik yang sama. Politik menjadi hancur kalau kita hanya bicara kekuasaan,” ucap dia.

Baca Juga: Ajukan Gugatan, Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

2. Ganjar sampaikan ke pendukungnya, perjuangan tidak sia-sia

Ganjar Pilih di Luar Pemerintah daripada Gabung Kabinet Prabowo-GibranGanjar Pranowo saat kampanye akbar di Semarang (IDN Times/Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan kepada para pendukungnya, tak ada perjuangan yang sia-sia. Dia meminta para pendukungnya memberikan ruang bagi Prabowo-Gibran memimpin Indonesia.

“Tapi takdir, Allah sudah tentukan. Maka ada banyak yang bisa kita kerjakan untuk rakyat sehingga siapa pun yang ditetapkan oleh KPU dan itu menang, Oktober dia dilantik. Berikan mereka kesempatan untuk memerintah dan kita bisa memberikan dukungan dengan cara macam-macam, yang baik," kata dia.

Baca Juga: Gibran Tegaskan Prabowo Penentu Menteri di Kabinet, Bukan Jokowi

3. Pemerintah harus tebal telinga bila dikritik

Ganjar Pilih di Luar Pemerintah daripada Gabung Kabinet Prabowo-GibranKampanye akbar Ganjar dan Mahfud di Semarang pada Sabtu (10/2/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Ganjar kemudian meminta kepada pemerintahan Prabowo-Gibran untuk tebal telinga apabila mendapat kritik.

"Kita dukung, yang tidak baik kita kritik dan yang berkuasa kalau dikritik telinganya enggak boleh tipis, karena itu kecintaan kita pada Republik,” imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya