Megawati Soroti Biaya UKT: Saya Pusing Semuanya Mahal, Kenapa Sih?

Megawati mempertanyakan tidak adanya hitungan soal UKT

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyoroti tingginya kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Menurutnya, negara harus hadir dalam membantu mahasiswa kurang mampu.

"Urusan pendidikan sekarang saya aja lihat korannya aja pusing. Kenapa sih? Nggak ada apa hitungan bahwa kalau untuk anak-anak yang tidak berpunya, negara itu harus membiayai? Kenapa sih kok kayak nggak ada? Semuanya dimahalkan, anak-anak kita yang akan menggantikan kita, terjadi regenerasi," ujar Megawati dalam pidatonya di Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Oleh karena itu, Megawati minta seluruh kader PDI Perjuangan bergerak untuk membantu menghadirkan pendidikan murah. Sehingga, masyarakat yang tidak mampu bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Masak enggak terbakar ya (semangat)? Kalau ngomong kayak gini, ini kayaknya hanya 'halah ibu ngomong begitu doang', nggak ada namanya gerak di dalam jiwa kita bahwa itulah sebetulnya anugerah dari Allah SWT, bahwa kita telah menjadi insan manusia warga negara dari sebuah negara terjajah menjadi negara yang merdeka dan berdaulat," kata dia.

Megawati menegaskan, PDI Perjuangan harus menjadi pelopor untuk menjadi masyarakat.

"Karena saya berkeinginan sepanjang Indonesia Raya ini ada yang telah diserahkan oleh para pendiri bangsa kepada kita, kita pun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan tetap ada untuk bisa juga abadi seperti negara Republik Indonesia yang kita cintai," ucap Megawati.

Baca Juga: Jurnalistik Investigasi Dilarang, Megawati: Untuk Apa Ada Media?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya