PDIP Pertimbangkan Ahok Maju Pilkada Sumut 2024, Lawan Bobby?

Ahok disebut siap ditugaskan di mana saja

Intinya Sih...

  • Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dipertimbangkan maju Pilkada Sumut 2024 oleh PDIP. Semua kandidat bisa diusung, termasuk Ahok, dan PDIP terbuka untuk koalisi dengan partai lain pada Pilkada Sumut. 

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDIP Sumatra Utara (Sumut), Rapidin Simbolon, mengatakan partainya mempertimbangkan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, maju Pilkada Sumut 2024. Menurutnya, sejumlah nama top masuk dalam pertimbangan.

"Sekarang bisa semua, (termasuk Ahok), kita pertimbangkan. Tetapi dari hari ke hari akan kita kerucutkan sesuai dengan dinamika politik yang ada," ujar Rapidin di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024).

"Ya, ini kan kita juga main incumbent (petahana) Pak Edi Rahmayadi lain juga, Musa Rajekshah atau Ijeck, lain juga, Bobby. Mana tahu nanti kader kita usung sendiri. Ini kan berbagai peluang akan kita hitung untuk perkembangan politik di Sumut," sambungnya.

Baca Juga: PDIP Belum Bahas Nama Ahok untuk Maju Kembali di Pilkada DKI

1. Semua nama bisa saja dibuat maju untuk Pilgub Sumut

PDIP Pertimbangkan Ahok Maju Pilkada Sumut 2024, Lawan Bobby?Basuki Tjahaja Purnama (IDNTimes/Vadhia Lidyana)

Rapidin mengatakan, semua kandidat bisa saja diusung untuk Pilgub Sumut 2024. Namun, dia meminta semua pihak bersabar mengenai siapa yang akan diusung PDIP pada Pilgub Sumut 2024.

"Kalau nama Ahok, jangankan Ahok, kader-kader lain juga yang dari Jakarta bisa juga kita buatkan di Sumut. Tadi saya sudah katakan hari ke hari, Agustus akan pendaftaran. Tentu setiap hari perkembangan dinamika politik yang ada di Sumut akan kita kaji, dan akan tetap kita pelajari secara bersama, dan kita sudah siap untuk memetakan itu dibantu dengan DPP partai," ucap dia.

Baca Juga: PDIP Minta Ahok, Ganjar, Risma Turun Gunung Bantu Pilkada 2024

2. Ahok siap ditempatkan di mana saja

PDIP Pertimbangkan Ahok Maju Pilkada Sumut 2024, Lawan Bobby?Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Rapidin, Ahok siap apabila ditugaskan maju di Pilgub Sumut 2024. Bahkan, kata dia, Ahok siap diusung di daerah manapun, termasuk apabila diminta bertarung di Pilkada Papua.

"Kita semua berkomunikasi dengan Pak Ahok, saya sudah dua kali berkomunikasi, 'Pak kalau Anda diterjunkan di Sumut siap gak, Bang? Siap gak, Pak Ahok?' 'Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut, ke Papua juga saya siap'. Itu jawaban kader sejati," kata dia.

3. PDIP terus berkomunikasi dengan partai lain

PDIP Pertimbangkan Ahok Maju Pilkada Sumut 2024, Lawan Bobby?Bendera PDI Perjuangan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Rapidin menyampaikan, PDIP terus berkomunikasi dengan partai lain untuk menjalin koalisi pada Pilgub Sumut 2024. Menurutnya, PDIP partai yang terbuka.

"Semua kita welcome, mau PKS, mau Gerindra, Golkar, PKB, semua partain, kita welcome. Sumut gak mungkin dibangun hanya satu partai, ini akan bersama membangun dengan prinsip kejujuran, kebenaran kita kedepankan," kata dia.

Diketahui, Wali Kota Meda, Bobby Nasution, yang merupakan menantu Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga sudah mengambil formulir sebagai bakal calon Gubernur Sumatra Utara lewat Partai Gerindra.

Bobby juga kini sudah resmi menjadi kader Gerindra, setelah keluar dari PDIP. Bobby kini masih menjadi wali kota.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya