Soal Usulan Hak Angket DPR Usut Pilpres Curang, AHY: Bagian Ekspresi

AHY minta semua pihak tak berprasangka buruk

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengusulkan DPR RI menggunakan hak angket dalam mengusut dugaan kecurangan Pilpres 2024. Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meminta kepada semua pihak untuk tidak predujice atau berprasangka buruk terhadap hasil Pilpres 2024.

"Yang jelas, kita tidak usah prejudice soal kecurangan dan sebagainya. Saya tahu ini adalah bagian ekspresi dari berbagai kalangan pasca penghitungan suara. Itu wajar. Setiap tahun pemilu di negara mana pun selalu ada isu-isu demikian," ujar AHY di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

AHY mengatakan, meski saat ini proses penghitungan suara masih berjalan, pemenangnya sudah dapat terlihat.

"Tapi yang jelas sudah bisa terbaca siapa yang menjadi pemenang pemilu. Walaupun kita menghormati secara formal sampai dengan tuntas, tetapi yang jelas kita justru harus move on. 5 tahun, 10 tahun ke depan ini banyak tantangan dan komplikasinya," kata dia.

AHY kemudian mengajak semua partai politik untuk rekonsiliasi kembali. Sehingga, proses demokrasi berjalan dengan baik.

"Kalau ada yang tidak puas, ada mekanismenya silakan, itu hak warga negara, hak partai politik, tetapi saya tidak ingin terjebak kita terlalu carut marut dalam isu-isu semacam itu, karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan," imbuhnya.

Baca Juga: AHY Tersenyum Saat Ditanya Pelantikannya Tak Dihadiri Moeldoko

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya