Siapa Budi Dalton, Sosok Viral Sebut Miras Minuman Rasul

Budi Dalton kini dilaporkan ke Polisi oleh PA 212

Jakarta, IDN Times - Sebagian publik penasaran dengan profil Budi Dalton, budayawan Sunda yang ramai jadi pembicaraan publik usai heboh dirinya melemparkan candaan miras minuman Rasulullah. Budi Dalton sendiri belakangan dilaporkan oleh Wasekjen Persatuan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin ke Polisi.

Lantas siapa sebenarnya Budi Dalton, yang ketika melemparkan candaan, tengah bersama komedian Sule dan Mang Saswi?

1. Budi Dalton lemparkan candaan di saluran channel Youtube pribadinya

Siapa Budi Dalton, Sosok Viral Sebut Miras Minuman RasulIlustrasi YouTube (Tangkapan layar Youtube)

Diketahui, prahara muncul pertama kali saat Budi Dalton menyebut jika miras adalah kependekan dari minuman Rasulullah. Budi Dalton mengutarakan candaannya itu dalam sebuah video ketika bersama Sule dan Mang Saswi.

"Miras minuman Rasulullah," kata pemilik nama lengkap Budi Setiawan Garda Pandawa tersebut dalam video yang disitat Sabtu (19/11/2022).

Tak lama berselang, video itu langsung ramai dan mendapat kecaman dari banyak pihak. Budi Dalton sendiri langsung meminta maaf atas candaan yang disebut tak disengaja itu.

Baca Juga: Jadi Kandidat Pilwalkot 2024, Budi Dalton: Saya Masih Dipercaya Warga

2. Budi Dalton langsung meminta maaf pada publik

Siapa Budi Dalton, Sosok Viral Sebut Miras Minuman RasulIDN Times/Galih Persiana

Pada hari ini, Budi Dalton juga langsung membuat video permintaan maaf atas perkataannya yang telah dinilai membuat gaduh publik.

"Dalam video ini saya sekali lagi mohon maaf. Apabila (video) viral ini jadi bikin gaduh," kata Budi Dalton seperti disitat dari akun TikTok @rbachjoe234.

Kata Budi Dalton, video yang menjadi viral itu sudah dipotong. Sehingga seolah dirinya terkesan menghina Nabi Muhammad. Padahal, dirinya mengaku sama sekali tak bermaksud membuat pernyataan tersebut.

Baca Juga: 10 Momen Kejutan Ultah Sule Ke-46, Ada Nathalie Holscher dan Adzam

3. Profil Budi Dalton

Siapa Budi Dalton, Sosok Viral Sebut Miras Minuman RasulIDN Times/Galih Persiana

Lalu siapa Budi Dalton yang viral kini? Dari penelusuran, beliau bernama lengkap Budi Setiawan Garda Pandawa.

Budi Dalton lahir 16 Oktober 1972. Dalam catatan Wikipedia, Budi Dalton rupanya adalah budayawan Sunda yang juga merupakan aktor Tanah Air. Tak cuma itu, Budi Dalton juga tercatat sebagai pendiri dan presiden dari komunitas Bikers Brotherhood.

Budi Dalton juga tercatat sebagai pengajar di Universitas Pasundan.

Pada zamannya, Budi Dalton sempat tampil di sejumlah acara TV. Dia juga pernah maju sebagai calon wali kota Bandung pada 2013 lalu, namun tak berhasil.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya