Gibran Sindir Botol Plastik di Meja Cak Imin, Timnas: Itu dari Panitia

Gibran sindir Cak Imin tak ramah lingkungan

Jakarta, IDN Times - Kapten Timnas Pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Muhamad Syaugi Alaydrus, mengklarifikasi keberadaan beberapa botol plastik di meja pasangan capres-cawapres nomor urut satu, ketika debat capres-cawapres putaran keempat Pemilu 2024, Minggu, 21 Januari 2024.

Syaugi mengatakan botol plastik itu disiapkan panitia debat, bukan dibawa Anies dan Muhaimin. 

"Kalau botol plastik jawabannya begini, botol plastik itu bisa dilihat, yang menyiapkan itu adalah panitia. Botol itu bukan dari kami," ujar Syaugi di Rumah Perubahan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024). 

Syaugi mengatakan bila dilihat secara seksama, baik Anies maupun Muhaimin, sama-sama membawa botol minum sendiri. Sehingga, menurut dia, sindiran yang dilontarkan cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka merupakan sesuatu yang mengada-ada. Seharusnya hal itu tak perlu dikeluarkan. 

"Mungkin bisa dilihat di sebelahnya Pak Anies, itu ada tumbler, ya. Sampai dinaikan ke atas kursinya tuh. Biar dilihat, itu kan ada di medsos juga di malem itu," tutur dia. 

Syaugi pun menyerahkan kepada publik untuk menilai hal-hal yang tidak substansial justru yang dimunculkan di dalam debat capres. "Ini kan di forum debat wakil presiden, pemimpin nasional, bukan yang ecek-ecek," katanya. 

1. Gibran sindir Cak Imin bawa botol plastik saat tema debat mengenai lingkungan

Gibran Sindir Botol Plastik di Meja Cak Imin, Timnas: Itu dari PanitiaPasangan Prabowo dan Gibran usai debat cawapres keempat di JCC pada Minggu (21/1/2024). (youtube.com/medcom id TV POOL)

Sebelumnya, Gibran menyindir cawapres yang akrab disapa Cak Imin itu lantaran membawa botol plastik saat debat capres-cawapres ronde keempat. Sementara, salah satu tema debat yang diangkat mengenai lingkungan hidup. 

"Gus Muhaimin ini lucu ya. Menanyakan lingkungan hidup tapi kok itu pakai botol-botol plastik," ujar Gibran saat debat yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat. 

Gibran mencontohkan dirinya dan paslon lain yang memilih tidak membawa botol plastik saat debat. Ia kemudian mempertanyakan keseriusan Muhaimin terhadap lingkungan hidup. 

"Padahal saya, Pak Ganjar, Prof Mahfud, pakai botol kaca. Itu gimana itu komitmennya? Botol plastik semua itu," tutur dia yang direspons senyum Muhaimin. 

"Tapi gak papa, kita kembali lagi ke topik ya," katanya.

Baca Juga: Kampanye di Bekasi, Anies Janjikan Negara Bebas Kritik ke Penguasa

2. Cak Imin nilai tingkah Gibran di debat banyak gimik

Gibran Sindir Botol Plastik di Meja Cak Imin, Timnas: Itu dari PanitiaCawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (IDN Times/Tata Firza)

Sementara, Cak Imin mempersilakan publik menilai sikap Gibran ketika debat capres-cawapres ronda keempat. Ia menggarisbawahi yang terpenting ada suasana nasional yang tidak biasa-biasa saja. 

"Ini yang harus terus diserukan bahwa sudah terjadi krisis iklim dan bencana ekologis gak main-main. Bukan hanya ancaman nasional, tapi sudah jadi ancaman dunia," ujar dia, saat kampanye di Sukabumi, Jawa Barat, kemarin. 

Cak Imin bahkan menyebut Paus Fransiskus sudah mengimbau agar menghentikan semua perilaku yang sudah merusak lingkungan yang sudah berlebihan.

"Di sisi lain, kita tidak boleh membiarkan perusakan atas nama mencari kekayaan sendiri dari alam yang sudah panas," tutur dia. 

Menurut Cak Imin, mengenai gimik Gibran sama sekali tidak bermakna apapun. "Gimik dari Gibran dan teman-teman lainnya gak ada artinya. Yang penting cita-cita kita (untuk menghentikan bencana ekologis harus terwujud)," katanya. 

3. Anies bangga karena Cak Imin tidak terpancing gimik Gibran

Gibran Sindir Botol Plastik di Meja Cak Imin, Timnas: Itu dari PanitiaCapres Nomor Urut 1, Anies Baswedan. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, pasangan Cak Imin, Anies Baswedan mengaku bangga melihat penampilan pasangannya pada debat kemarin. Oleh sebab itu, ia langsung memberi apresiasi Cak Imin dengan memeluknya begitu erat di atas panggung.

Anies mengaku tidak sadar acara debat belum sepenuhnya selesai. Momen itu diabadikan publik dan menjadi viral di media sosial. 

"Saya itu (merasa) bangga. Jadi saya peluk Gus Imin. Kami saling semangat dan gak sadar pula goncangannya sekeras itu. Jadi ketika kami pelukan, agak lupa kalau itu di tengah panggung," ujar Anies di live TikTok bersama Tom Lembong, Senin, 22 Januari malam. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bersyukur penampilan Cak Imin pada debat keempat sudah baik. Karena, satu, Cak Imin tetap bersikap rileks meski berulang kali diserang lawannya dan tetap dapat memberikan jawaban yang baik. 

"Menjaga kehormatan diskusi. Jadi, I am just very proud of him. So, I just gave him hug and it was a spirited hug," kata Anies. 

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/KKO_c-GBllE

Baca Juga: Tom Lembong Disebut Gibran di Debat, Anies: Mungkin Ada yang Kangen

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya