Daftar Tanggal Merah Juni 2022: Hari Lahir Pancasila

Meski libur kecepit, manfaatkan waktu sebaik mungkin, ya

Sambut awal bulan Juni 2022 dengan tanggal merah dan libur nasional. Meski begitu, sepertinya kamu tidak bisa ambil cuti panjang, nih, karena hari liburnya jatuh di hari Rabu. Tapi tidak apa, kamu bisa nikmati momen me time di rumah sambil mengerjakan hobi yang tertunda.

Untuk, penetapan hari libur di tanggal merah atau hari libur nasional sendiri diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 dan 4 Tahun 2021. Langsung saja, cek, ada tanggal merah apa saja, ya, di bulan Juni ini.

Baca Juga: Siap-Siap Masuk Praendemik! Prokes Sedang Finalisasi Segera Diumumkan

Tanggal merah Juni: Rabu, 1 Juni 2022

Daftar Tanggal Merah Juni 2022: Hari Lahir PancasilaIlustrasi Kalender (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada hari Rabu, 1 Juni 2022 menjadi Hari Lahir Pancasila yang ditetapkan sebagai hari libur nasional. Hari Lahirnya Pancasila ini berawal dari pidato yang disampaikan Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) yang berlangsung pada 1 Juni 1945.

Pada pidatonya tersebut, Soekarno turut mencetuskan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Dari situ lah, tanggal 1 Juni pun diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Penentuan hari libur nasional dan cuti bersama 2022

Daftar Tanggal Merah Juni 2022: Hari Lahir PancasilaIlustrasi Tanggal Waktu (Kalender) (IDN Times/Arief Rahmat)

Keputusan hari libur dan cuti bersama ditentukan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 yang diselenggarakan pada Rabu (22/9/2021). Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Menteri Muhadjir menyampaikan jika penetapan cuti bersama tahun 2022 akan dilakukan sambil memantau perkembangan Covid-19 di Indonesia. Sehingga, belum ada keputusan resmi mengenai tanggal cuti bersama hingga saat ini.

Baca Juga: Realisasi Anggaran Perjalanan Dinas Naik di Awal 2022, Capai Rp400 M

Daftar Tanggal Merah Juni 2022: Hari Lahir PancasilaDaftar Hari Libur Nasional 2022 (IDN Times/Sukma Shakti)

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya