Comscore Tracker

28 April Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional

28 April diperingati sebagai Hari K3 di Tempat Kerja

Jakarta, IDN Times - Organisasi Perburuhan Internasional menekankan pencegahan kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. Oleh karena itu, tercetuslah Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Internasional setiap tanggal 28 April.

Hari Keselamatan dan Kesehatan Pekerja Internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang menciptakan pekerjaan yang aman dan sehat. Selain itu, juga menyuarakan kebutuhan akan peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja.

Hari Keselamatan dan Kesehatan Pekerja Internasional diselenggarakan serentak di seluruh dunia oleh gerakan serikat pekerja sejak tahun 1996. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pencegahan kecelakaan dan penyakit di tempat kerja

28 April Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja InternasionalDok. Pertamina

Hari Keselamatan dan Kesehatan Pekerja Internasional turut mendorong pencegahan kecelakaan dan penyakit di tempat kerja secara global. Hal ini terjadi karena banyaknya perusahaan yang kurang memperhatikan keselamatan dan kesehatan pekerja.

Kampanye ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat secraa global. Masyarakat internasional diharapkan dapat mengetahui pentingnya untuk menciptakan budaya keselamatan dan kesehatan di perusahaan. Tak lain adalah agar dapat mengurangi jumlah kematian dan cedera saat bekerja.

Banyaknya pekerja yang meninggal saat bekerja

28 April Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional

Saat ini, masih banyak pekerja yang tidak memiliki standar keselamatan dari tempat kerja. Diperkirakan sedikitnya 2,3 juta pekerja laki-laki dan perempuan meninggal dalam kecelakaan di tempat kerja.

Selain itu, diperkirakan ada 340 juta kecelakaan kerja dan 160 juta korban yang terkena penyakit di tempat kerja, seperti yang diikuti di situs Ilo.org. Zat berbahaya di tempat kerja diperkirakan menyebabkan 651.279 kasus kematian pertahun. Industri konstruksi merupakan pekerjaan memiliki tingkat kecelakaan yang tercatat sangat tinggi.

Baca Juga: Adhi Beton Sabet Penghargaaan Budaya Keselamatan Kerja Global

Itulah penjelasan singkat mengenai Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional. Semoga dengan memperingati hari ini, pemilik perusahaan bisa lebih memperhatikan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya, ya!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya