Pengurus Masjid Nabawi Berikan Kursi Roda untuk Jemaah Haji Indonesia

Sebagai bentuk kepedulian terhadap jemaah haji

Jeddah, IDN Times - Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah mendapat bantuan kursi roda dari pengurus Masjid Nabawi. Sebanyak 15 kursi roda diserahkan secara simbolis oleh Asisten Wakil Sekretaris untuk Layanan Kemanusiaan, Sukarelawan dan Kemanusiaan Masjid Nabawi Naif Mus ih A Mutairi kepada Kepala Daker Madinah Zaenal Muttaqin di pelataran Masjid Nabawi, Rabu (14/6/2023).

Naif menyebut, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Arab Saudi dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman kepada seluruh jemaah haji. "Bantuan ini agar jemaah haji bisa beribadah dengan baik dan tenang," ujarnya.

Selain kursi roda, pengurus Masjid Nabawi juga memberikan bantuan meja dan fasilitas lainnnya.

Baca Juga: Ini Upaya PPIH Kurangi Angka Kematian Jemaah Haji di Tanah Suci

1. PPIH jalin kerja sama dengan pengurus Masjid Nabawi untuk pelayanan jemaah lansia

Pengurus Masjid Nabawi Berikan Kursi Roda untuk Jemaah Haji IndonesiaBantuan kursi roda di Madinah (dok. MCH Kemenag)

Menurut Zaenal, mulai tahun ini PPIH Daker Madinah melakukan kerja sama dengan pengurus Masjid Nabawi untuk pelayanan jemaah lanjut usia (lansia), jemaah pengguna kursi roda, dan layanan lainnnya,

"Sebelumnya, belum ada kerja sama dengan pelayanan Masjid Nabawi. Tahun ini kita melakukan inovasi terbaru dengan bekerja sama baik terkait dengan layanan jemaah lansia, kursi roda, dan layanan lainnya. Termasuk pemberian meja kepada petugas di sektor khusus agar lebih nyaman melayani jemaah," katanya.

2. Kursi roda akan di tempatkan di pos-pos sekitar Masjid Nabawi

Pengurus Masjid Nabawi Berikan Kursi Roda untuk Jemaah Haji IndonesiaBantuan kursi roda di Madinah (dok. MCH Kemenag)

Zaenal berharap kerja sama dan hubungan baik ini terus berjalan. Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi saling bersinergi dan membantu melayani jemaah haji.

"Terima kasih kepada pengurus Masjid Nabawi yang telah bekerja sama dengan baik. Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap jemaah haji Indonesia," ucapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Kepala Sektor Khusus (Kaseksus) Jasaruddin. Jasaruddin mengatakan, bantuan kursi roda sangat bermanfaat untuk membantu jemaah haji khususnya jemaah lansia.

"Ini adalah amanah, insyaallah kami akan memanfaatkan semaksimal mungkin. Rencananya kursi roda ini akan di tempatkan di pos-pos yang ada di sekitar sini. Setiap pos nanti ada yang ditempatkan 3 atau empat kursi roda," katanya.

Baca Juga: Begini Cara Ziarah ke Makam Jemaah Haji yang Wafat di Arab Saudi

3. Jelang hari Arafah, jemaah haji diimbau jaga kesehatan

Pengurus Masjid Nabawi Berikan Kursi Roda untuk Jemaah Haji IndonesiaJemaah Lansia diberikan fasilitas kursi roda saat tiba di Madinah. (IDN Times/Sunariyah)

Pada musim haji tahun ini, jumlah jemaah lansia sepertiga dari jumlah keseluruhan jemaah haji Indonesia. Banyak di antara para lansia tersebut menggunakan kursi roda. Pantauan IDN Times di bandara Madinah dan Jeddah, bahkan dalam satu kelompok terbang (kloter) terdapat lebih dari 12 jemaah yang menggunakan kursi roda. 

Menjelang hari Arafah atau puncak haji, Direktur Bina Haji Kementerian Agama Arsad Hidayat mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk menjaga kondisi kesehatannya agar bisa melaksanakan rangkaian rukun dan wajib haji.

"Seiring mendekati puncak haji, tingkat kepadatan (jemaah) semakin padat, maka kita sarankan jemaah untuk tidak terlalu banyak aktivitas, kita saving tenaga supaya punya tenaga yang cukup untuk melaksanakan puncak ibadah haji. Jangan sampai nanti pada saat pelaksanaan wukuf kita drop karena kita salah pasang strategi," ujar Arsad di Bandara KAAIA Jeddah, Rabu (14/6/2023).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya