Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Tampil Virtual di Upacara HUT 75 RI

Ada 136 paduan suara dan 45 orkestra dari 34 provinsi

Jakarta, IDN Times - Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Restu Gunawan mengatakan, ada yang berbeda dari penampilan Gita Bahana Nusantara dalam upacara HUT ke-75 RI hari ini, Senin (17/8/2020). Dalam siaran langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, disebutkan akan ada 136 paduan suara dan 45 orkestra dari 34 provinsi yang tampil.

Tapi kata Restu, tahun ini mereka akan tampil secara virtual dan tidak hadir secara fisik di Istana Kepresidenan.

"Tahun ini harus virtual. Mereka tampil dari rumah masing-masing lalu diedit dan ditampilkan di upacara," ujar Restu.

Kendati hanya tampil secara virtual, Restu tetap menyampaikan semangat kepada para anggota Gita Bahana Nusantara. Dia mengatakan, tampil di Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah suatu kebanggaan.

"Tampil di acara ini adalah suatu kebanggan. Kita tampil virtual tapi kita harus bekerja keras. Teman-teman mampu adaptasi," ucapnya.

Upacara memperingati HUT ke-75 RI digelar dua sesi. Sesi pertama atau pagi yaitu Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang digelar pukul 09.00 WIB. Sedangkan sesi kedua atau sore yaitu Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang digelar pukul 15.45 WIB.

Di Upacara HUT ke-75 RI tahun ini, kuota undangan sebanyak 17.845 disediakan agar masyarakat bisa mengikuti upacara virtual. Seluruh masyarakat yang telah mendaftar melalui alamat https://pandangistana.setneg.go.id dapat mengikuti upacara secara daring.

Baca Juga: Sepinya Istana Presiden Saat Upacara HUT ke-75 RI, Tak Ada Tari Adat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya