Curhat Pilot Project Susu Gratis, Prabowo: Guru juga Kurang Gizi

Pilot project makan susu gratis berhasil di beberapa daerah

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan laporan mengenai pilot project program makan siang dan susu gratis.

Dia menjelaskan, eksperimen pendahuluan program perbaikan gizi bagi anak-anak itu sudah berhasil dilakukan di berbagai daerah.

"Kita sudah coba pilot project di beberapa provinsi. Kita coba, sudah dilaksanakan, berhasil," kata Prabowo dalam acara diskusi Industri Keuangan dan Pasar Modal dalam Roadmap Menuju Indonesia Emas yang diselenggarakan oleh relawan GENDERANG (Gerakan Ekonomi Nasional Prabowo-Gibran) di Ritz Carlton Ballroom Pacific Place Jakarta, Senin (29/1/2024).

Baca Juga: Forum Masyarakat Adat Buru Bersatu Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

1. Bukan cuma anak sekolah, guru juga kurang gizi

Curhat Pilot Project Susu Gratis, Prabowo: Guru juga Kurang GiziPrabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo mengungkapkan, selain anak sekolah yang masih kurang mendapatkan gizi cukup, ternyata tenaga pengajar juga masih mengalami masalah yang sama.

Hal itu salah satunya dipengaruhi oleh rendahnya penghasilan guru.

"Tapi ada yang kita ketemukan di beberapa daerah ternyata tidak hanya anak-anak yang kurang gizi, gurunya juga kurang gizi, banyak guru-guru yang dapat penghasilan sungguh sangat rendah," tutur dia.

Baca Juga: Kampanye Prabowo-Gibran, Golkar Ajak Masyarakat Tasik Pilih Nomor 2

2. Prabowo ungkap mirisnya kesejahteraan guru

Curhat Pilot Project Susu Gratis, Prabowo: Guru juga Kurang GiziKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Kantor Pemenangan Presiden, Jakarta Barat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menteri Pertahanan (Menhan) itu lantas mengungkapkan rasa mirisnya terhadap kesejahteraan guru. Prabowo juga mengisahkan saat timnya membagikan makan siang dan susu gratis di daerah masih menemukan guru yang belum sejahtera.

"Saya dapat laporan dari salah satu pilot project kita waktu dibagi makanan untuk anak-anak, ada gurunya yang melihat, akhirnya gak sampai hati, tim masak itu menambahkan untuk guru-guru, ternyata guru-guru makannya lahap juga," imbuhnya.

Baca Juga: Mengenal Budiman Sudjatmiko yang Pernah Dikejar Prabowo

3. TKN bikin Dapur Indonesia Maju

Curhat Pilot Project Susu Gratis, Prabowo: Guru juga Kurang GiziKomandan TKN Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan (dok. istimewa)

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yakni Tim Fanta meresmikan Dapur Indonesia Maju sekaligus meluncurkan produk makanan untuk mencegah stunting di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2024).

Komandan TKN Fanta, M Arief Rosyid Hasan, mengatakan, peresmian ini merupakan bentuk nyata dari program paslon nomor urut 02 Prabowo-Gibran, yakni pemberian makan siang gratis untuk anak sekolah dan santri serta pencegahan stunting.

"Hari ini bersama-sama Pak Prabowo dan Mas Gibran ingin memastikan bahwa kemenangan Prabowo-Gibran kebermanfaatannya banyak. Kita bakal menikmati makan siang gratis dengan cakupan gizi yang sesuai," kata Arief dalam keterangan tertulisnya.

Arief mengatakan, program makan siang dan pemberian susu gratis akan memberikan dampak luas kepada masyarakat. Pertama, Indonesia akan mendapatkan generasi emas karena gizi anak-anak terpenuhi.

Kedua, lapangan kerja baru akan terbuka dan para pelaku UMKM khususnya di bidang kuliner akan mendapatkan manfaat ekonomi dari program ini.

"Jadi potensi ekonominya tinggi, potensi sehatnya juga akan ada sehingga Indonesia emas, Indonesia maju bukan sekadar di awang-awang, tapi memang menyentuh persoalan yang kita hadapi," kata Arief.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Dewan Pers Minta KPU dan Bawaslu Tak Pelit Informasi kepada Jurnalis

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya