Ketua KPU Dapat Kue Ultah dari PSI: Saya yang Siapkan Sendiri!

KPK sempat soroti pemberian kue tersebut

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, buka suara soal tudingan mendapat hadiah spesial berupa kue ulang tahun dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di sela-sela rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Diketahui, rekaman video pemberian kue saat Hasyim ulang tahun itu viral, usai diunggah akun media sosial caleg PSI daerah pemilihan (Dapil) Jakarta II, Marsha Damita Siagian.

"Oh itu kue yang nyiapin saya sendiri. Dia (caleg PSI) hanya ikut memvideo dan ikut makan," ujar Hasyim kepada awak media, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga: KPU Pastikan Akan Tetapkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

1. Dihadiri saksi peserta pemilu lainnya

Ketua KPU Dapat Kue Ultah dari PSI: Saya yang Siapkan Sendiri!Lambang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasyim memastikan momen tersebut juga dihadiri saksi dari perwakilan peserta Pemilu 2024 lainnya.

"Semua juga hadir saksi-saksi di sini. Tidak ada PSI ngasih kue, tidak ada. Kue dari saya sendiri dan saya menyuguhkan di arena pleno. Bahwa mau memvideokan, tanya yang memvideokan," ungkapnya.

2. Pemberian kue jadi sorotan KPK

Ketua KPU Dapat Kue Ultah dari PSI: Saya yang Siapkan Sendiri!Jubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri, turut menyoroti pemberian kue tersebut. Menurut dia, seharusnya Hasyim melaporkan pemberian kue ulang tahun itu apabila benar dari peserta pemilu.

"Iya, itu jelas ada, apa, satu yang jelas benturan kepentingan. Itu, kan, sudah sangat jelas, karena, kan, memang kewenangan dari KPU kemudian partai ini kan sejalan. Suatu saat ada kepentingan yang bisa berhadapan," kata Ali dalam keterangannya di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (19/3/2024).

"Sehingga ketika menerima apa pun yang berhubungan seperti itu ya seharusnya melapor kepada KPK," sambungnya.

Baca Juga: Ini Kata Menkominfo soal KPU Akui Jalin Kerja Sama dengan Alibaba

3. Penerimaan kue bisa timbulkan benturan kepentingan

Ketua KPU Dapat Kue Ultah dari PSI: Saya yang Siapkan Sendiri!Ilustrasi kue ulang tahun (unsplash.com/Richard Burlton)

Lebih lanjut, kata Ali, penerimaan kue ulang tahun berisiko menimbulkan benturan kepentingan, mengingat, KPU sebagai lembaga negara bertugas menghitung hasil perolehan suara partai peserta. Di sisi lain, partai politik memiliki kepentingan meraup suara sebanyak mungkin.

"Karena kan memang kewenangan dari KPU, kemudian partai ini kan sejalan. Suatu saat ada kepentingan yang bisa berhadapan," ujar Ali.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya